Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/03/2024, 16:01 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja dapur terbuat dari bahan yang dapat tahan berjam-jam untuk menyiapkan berbagai makanan setiap harinya. 

Namun, tidak jarang kita menemukan noda lem di meja dapur setelah mengerjakan proyek DIY atau tugas sekolah. Noda lem ini bisa sangat sulit dihilangkan, terlebih apabila sudah mengering. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Meja Dapur Terlihat Lebih Cantik

Membersihkan noda lem pada meja dapur harus dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak permukaan meja untuk selamanya.

Untungnya, cara membersihkan noda lem dari meja dapur adalah menggunakan benda-benda yang sudah dimiliki di rumah, seperti air panas, sabun cuci piring, dan spons dapur yang kasar.

Dilansir dari House Digest, Minggu (10/3/2024), cara membersihkan nodq lem dari meja dapur dapat dilakukan dengan mudah.

Caranya, basahi spons dapur dengan air panas dan tambahkan setetes atau dua tetes sabun cuci piring pada lem, lalu mulailah menggosok noda yang mengering dengan lembut.

Tidak perlu waktu lama melihat lem mulai mengendur atau mengecil. Lanjutkan membilas spons dan mengoleskan kembali sabun sesering yang diperlukan sampai lem benar-benar hilang. 

Baca juga: 6 Keunggulan Menggunakan Meja Dapur Hitam, Tampak Modern

Pertimbangan tambahan saat melepas lem

Ilustrasi meja dapur hitam.Shutterstock/lunamarina Ilustrasi meja dapur hitam.
Jika mendapati bahwa sebagian besar lem telah terangkat dari meja, tapi masih ada sedikit residu yang tertinggal, Anda mungkin perlu mempersenjatai diri dengan sesuatu untuk mengikis sisanya.

Hindari menggunakan alat logam karena dapat menggores meja dan meninggalkan bekas permanen. Sebagai gantinya, pertimbangkan menggunakan spatula plastik, yang akan menghilangkan lem dengan lembut.

Teknik-teknik yang disebutkan di atas akan bekerja baik untuk sebagian besar lem yang menempel pada meja dapur.

Namun, ada beberapa lem yang lebih sulit dibersihkan, seperti lem super, yang mungkin tidak dapat dibersihkan dengan metode pembersihan sederhana. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Meja Dapur Tetap Rapi dan Nyaman Digunakan

Jika lem super mengering di atas meja dapur, menggosok dengan sabun cuci piring dan spons tidak akan membuahkan hasil apa pun.

Hal ini karena bahan kimia lem jenis ini menghasilkan daya rekat sangat kuat antara perekat dan permukaan.

Daripada membuang-buang waktu untuk menggosoknya, cara membersihkan noda lem dari meja dapur adalah mendiamkan bagian yang terkena lem selama kurang-lebih lima menit.

Setelah itu, Anda dapat dengan mudah melepaskannya dari meja dapur  tanpa meninggalkan bekas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com