Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membersihkan Meja Dapur agar Kembali Kinclong

Kompas.com - 04/12/2023, 14:07 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comMeja dapur merupakan salah satu perlengkapan dapur yang sering digunakan. Meja ini biasanya digunakan untuk menyiapkan bahan makanan sebelum dimasak.

Maka dari itu, meja dapur menjadi salah satu area dapur yang mudah kotor. Hal inilah yang membuat pemilik rumah harus rutin membersihkan meja dapur.

Membersihkan meja dapur sebenarnya tidak sulit. Namun, alangkah baiknya metode membersihkan meja disesuaikan dengan materialnya.

Baca juga: Cara Membersihkan Meja Dapur Marmer dengan Baking Soda

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Senin (4/12/2023), berikut ini tips membersihkan meja dapur berdasarkan materialnya.

Meja granit

Ilustrasi meja dapur granit.SHUTTERSTOCK/WHYFRAME Ilustrasi meja dapur granit.

Cara membersihkan meja dapur dari granit cukup mudah. Kamu hanya perlu menyeka permukaan meja dengan air sabun yang hangat. Lalu bilas sampai bersih.

Untuk mencegah pertumbuhan bakteri maupun jamur, kamu bisa menggunakan larutan pemutih ringan. Jangan gunakan pembersih yang bersifat abrasif karena bisa menggores permukaan granit.

Sementara itu, saat ada noda yang membandel, kamu bisa membersihkannya menggunakan pasta dari soda kue. Gosok bagian bernoda dengan lembut menggunakan sikat lembut.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kopi di Meja Granit Agar Kembali Kinclong

Lalu bilas sampai bersih. Kamu juga perlu menutup meja granit menggunakan penyegel khusus untuk batu. Langkah ini berguna untuk mencegah noda dan membuat meja lebih mudah dibersihkan.

Meja laminasi

Selain dari granit, meja dapur juga bisa dibuat menggunakan material laminasi. Tips membersihkan meja dapur laminasi cukup menggunakan air sabun hangat, larutan pemutih ringan, atau pembersih dapur non-abrasif.

Jangan gunakan pembersih yang abrasif atau sikat berbulu kaku karena bisa menggores permukaan mejanya. Sebaiknya, gunakan sikat gigi lembut untuk menghilangkan noda di permukaan meja ini.

Sementara itu, saat ada penumpukan minyak, kamu bisa menggunakan bahan pembersih alami seperti cuka dan air. Jika permukaanya lengket, gosok dengan pasta soda kue dan air, lalu bilas.

Baca juga: 5 Cara Membuat Meja Dapur Tetap Rapi dan Nyaman Digunakan

Meja marmer

Untuk meja dapur yang terbuat dari marmer, kamu bisa menggunakan kain lembut yang lembap. Lap meja sampai kering menggunakan kain bersih.

Sementara itu, jika ingin membersihkan lebih dalam, kamu bisa menggunakan sabun cuci piring dengan pH netral. Sabun tersebut dicampurkan dengan air hangat.

Lalu gunakan untuk membersihkan meja marmer dan bilas sampai bersih untuk menghilangkan residu dan lap sampai kering.

Ilustrasi meja dapur, meja dapur kayu. SHUTTERSTOCK/BRIZMAKER Ilustrasi meja dapur, meja dapur kayu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com