Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2021, 14:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja dapur marmer memang merupakan elemen dekorasi yang menarik dan memberi kesan mewah. Akan tetapi, membersihkan meja dapur marmer membutuhkan lebih banyak perawatan daripada permukaan lainnya.

Dikutip dari The Spruce, Senin (12/7/2021), jika anggaran Anda memungkinkan, membeli pembersih marmer komersial pH netral mungkin merupakan investasi yang sangat baik untuk memastikan metode pembersihan teraman untuk meja dapur marmer. Ini lantaran marmer rentan terhadap asam, alkali, dan pembersih abrasif.

Namun, untuk pembersihan ringan, Anda dapat menggunakan air biasa dan spons atau kain lembut. Air panas bekerja paling baik.

Baca juga: Meja Dapur Marmer Lebih Mudah Terkena Noda, Penyebab dan Solusinya

Karena air hampir gratis, ini adalah pembersih marmer buatan sendiri yang paling murah dan paling tidak berisiko yang dapat sering digunakan.

Selain itu, baking soda atau soda kue terkadang disarankan sebagai pembersih buatan sendiri yang baik untuk meja marmer. Anda dapat menggunakannya, tetapi harus mengikuti prosedur yang benar untuk melakukannya dengan aman.

Ilustrasi baking soda atau soda kue. PIXABAY/NATUREFRIEND Ilustrasi baking soda atau soda kue.

Berikut cara membersihkan meja dapur marmer dengan baking soda.

Marmer adalah batu lunak yang terbuat dari kalsium karbonat. Ciri khas marmer adalah mudah ternoda, kusam, dan tergores.

Baca juga: Ini Standar Tinggi Meja Dapur yang Ideal

Anda harus berhati-hati untuk tidak menggosoknya, dan hindari memaparkannya ke asam seperti cuka atau bahan alkali yang kuat seperti amonia dan deterjen.

Baking soda atau soda kue bersifat basa, sehingga Anda hanya boleh menggunakannya dengan hati-hati. Ini juga abrasif ringan, jadi Anda harus menggunakannya dengan lembut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com