Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/05/2021, 16:54 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Parotas

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja dapur merupakan perabot penting yang ada di dapur. Tak heran, meja dapur menjadi barang yang harus dimiliki oleh setiap rumah

Meja dapur berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan perabotan dapur seperti kompor, magic com, bak cuci piring, meletakkan bumbu-bumbu masak, dan sebagainya. 

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Membersihkan Meja Dapur, Apa Saja?

Bicara soal meja dapur, penting untuk mengetahui ketinggian idealnya agar bisa sesuai dan memudahkan saat digunakan. Lantas, berapakah standar tinggi meja dapur yang ideal?

Dikutip dari laman Parotas, Selasa (25/5/2021), standar tinggi meja dapur yang ideal adalah sekitar 30 inci atau 76 sentimeter. Standar tinggi ini juga berlaku untuk kitchen island maupun kitchen countertops (sejenis meja dapur). 

Baca juga: Cara Membersihkan Meja Dapur, Pakai Cuka dan Soda Kue

Pengukuran tinggi sebuah meja dapur dihitung dari lantai sampai ke bagian permukaan meja. Meski begitu, tinggi meja dapur standar bisa bervariasi, tergantung negara dan perusahaan pembuatnya.

Jadi, apabila ingin mengikuti tinggi meja dapur yang ideal, penting untuk memeriksa dimensi yang disediakan sebelum membeli furnitur atau melakukan pengukuran sendiri. 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Meja Dapur Tetap Bersih

Menyesuaikan ketinggian meja dapur adalah hal penting agar siapa pun memiliki ruang untuk menggerakkan siku tangan dengan nyaman.

Namun, perlu diingat bahwa standar tinggi meja dapur yang disebutkan di atas itu berlaku untuk meja dapur tanpa kursi.  

Baca juga: Kelebihan dan Keunggulan Meja Dapur Granit

Jika ingin menyajikan meja dapur dengan kursi atau tempat duduk seperti kitchen island maupun kitchen countertops, kamu harus mempertimbangkan ketinggian meja yang lebih tinggi.

Tinggi kitchen countertops dan kitchen island dengan tempat duduk biasanya ditetapkan pada 34-39 inci (86-99 sentimeter) dengan 36 inci (91,5 sentimeter) sebagai ukuran standar. 

Baca juga: 7 Cara Menjaga Meja Dapur Tetap Bersih dan Rapi

Oleh karena itu, sebelum menerapkan tinggi meja dapur yang ideal untuk ruang dapur di rumahmu, pastikan terlebih dahulu model meja dapur yang akan kamu gunakan. Apakah tanpa kursi atau dengan kursi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Parotas
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com