Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Meja Dapur, Pakai Cuka dan Soda Kue

Kompas.com - 02/05/2021, 13:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hello Nest

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah area di rumah dengan aktivitas yang sangat tinggi. Bagaimana tidak, di sanalah Anda mempersiapkan makanan untuk diri sendiri maupun anggota keluarga setiap harinya.

Tentu saja, meja dapur kadang bisa sangat kotor dan berantakan. Oleh sebab itu, meja dapur perlu dibersihkan secara rutin, agar tetap rapi, bersih, dan tidak menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Ada bahan-bahan di dapur yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan meja dapur. Dengan demikian, Anda tidak perlu menggunakan produk pembersih yang tersedia di pasaran, apalagi jika Anda memiliki alergi terhadap bahan kimia tertentu.

Baca juga: Usir Beragam Bau di Dapur dengan Baking Soda

Dilansir dari Hello Nest, Minggu (2/5/2021), berikut beberapa cara membersihkan meja dapur dengan bahan-bahan yang ada, seperti baking soda dan cuka.

Ilustrasi cuka sebagai bahan pembersih. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi cuka sebagai bahan pembersih.

1. Larutan pembersih dengan cuka

Cuka dapat digunakan untuk membersihkan meja dapur. Asam alami pada cuka keras terhadap bakteri dan virus di meja, lantai, wastafel, dan toilet.

Meski demikian, perlu diingat bahwa cuka sangat bau. Di situlah minyak esensial aroma tertentu dapat dicampurkan, seperti misalnya minyak esensial lavender.

Adapun merendam kulit jeruk dalam cuka membantu mengekstrak pelarut alami yang kuat yang ditemukan dalam kulit jeruk yang disebut limonene. Larutan ini juga dapat digunakan untuk membersihkan meja dapur Anda.

Baca juga: 5 Ide Desain Dapur Terlihat Mewah dengan Anggaran Terbatas

2. Gunakan baking soda

Baking soda atau soda kue bersifat basa, dan pembersih alkali seperti ini sangat baik dalam menghilangkan lemak, kotoran, protein, dan minyak. Soda kue adalah bahan abrasif yang sangat lembut, sedangkan soda cuci lebih berat.

Pembersih alkali juga efektif dalam menetralkan bau asam dan menghilangkan noda asam.

3. Pembersih alami untuk meja dapur granit

Bila meja dapur Anda berbahan granit atau marmer, Anda juga bisa membuat pembersih meja dapur sendiri. Pembersih berbahan dasar cuka tidak boleh digunakan untuk batu alam karena cuka dapat menggores permukaannya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com