Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Suhu Kulkas yang Ideal untuk Menjaga Makanan Tetap Segar

Kompas.com - 05/03/2024, 07:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas menjadi salah satu peralatan penting di dapur. Kulkas berfungsi menyimpan dan mendinginkan berbagai bahan makanan, seperti daging, ikan, sayuran, tahu, dan tempe, agar tetap segar serta tahan lama.  

Suhu dingin dalam kulkas akan menjaga makanan tetap segar dan dalam kondisi baik selama mungkin. Namun, suhu kulkas juga bisa menyebabkan makanan membeku, rusak, bahan munculnya bakteri. 

Baca juga: 6 Makanan yang Sebaiknya Disimpan di Kulkas, Tetap Segar dan Awet

Maka itu, penting memperhatikan dan menyetel kulkas ke suhu yang tepat. Isi atau berapa banyak bahan makanan di dalam kulkas juga turut mempengaruhi suhu kulkas. 

Lantas, berapa suhu ideal untuk kulkas

Dikutip dari Consumer Reports, Selasa (5/3/2024), suhu ideal untuk kulkas adalah 2,7 derajat Celsius. Suhu kulkas ini akan menjaga makanan segar tetap baik selama mungkin tanpa adanya kristal es pada selada atau bakteri yang berkembang biak pada daging mentah.

Sedangkan untuk freezer adalah -17 derajat Celsius untuk menjaga makanan tetap beku.

Namun, kontrol suhu pada banyak kulkas hanya memungkinkan Anda memilih dari serangkaian angka, biasanya 1 hingga 5 dengan 1 sebagai yang terdingin dan 5 terhangat.

Bahkan, ketika kulkas memiliki kontrol digital untuk mengatur suhu yang tepat, pengaturannya tidak selalu akurat. 

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kulkas

Bagaimana CR menguji suhu kulkas? 

Ilustrasi kulkas, ilustrasi mengatur kulkas.Shutterstock/Anna Om Ilustrasi kulkas, ilustrasi mengatur kulkas.
Ketika sejumlah kulkas baru masuk ke laboratorium, Consumer Reports mulai dengan mengatur suhu lingkungan di ruang yang dikontrol iklim kami hingga 21 derajat Celsius untuk mensimulasikan kondisi di dapur rumah pada umumnya.

Kemudian menentukan pengaturan termostat pada setiap kulkas yang akan mendapatkan suhu internal di bagian tengah unit antara 2,2 dan 3,3 derajat Celsius.

Setelah itu, melakukan hal yang sama di dalam freezer, bereksperimen hingga mendapatkan suhu freezer antara -18 dan -17 derajat Celsius. 

"Beberapa kulkas (suhu) tepat, tetapi yang lainnya melenceng jauh," kata Breann Chai, insinyur penguji kulkas Consumer Reports. 

Baca juga: Berapa Lama Kulkas Dapat Bertahan? Ini Tanda Perlu Membeli Baru

Beberapa kulkas disetel pada suhu yang melenceng hingga -15 derajat Celsius, yang bisa menjadi pembeda antara makanan segar dan makanan basi.

Sebagian besar kulkas mampu mempertahankan suhu yang konsisten setelah mencapai tingkat optimal. Intinya adalah Anda perlu mengetahui bagaimana cara mendapatkannya ke angka 2,7 derajat Celsius dan -17 derajat Celsius. 

Lalu, bagaimana jika kulkas Anda bukan salah satu model yang diuji?

Sebaiknya, Anda membeli termometer kulkas yang tersedia secara online dan di pusat-pusat perlengkapan rumah tangga dan melakukan eksperimen sendiri.

 

Alat ini tidak akan seakurat termokopel sensitif yang digunakan di laboratorium Consumer Reports, tetapi akan memberi Anda suhu kulkas yang sempurna dalam satu derajat atau lebih untuk menjaga makanan tetap segar, lezat, dan aman selama mungkin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com