Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2023, 09:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas menjadi peralatan penting di dapur yang berfungsi menyimpan dan mendinginkan berbagai makanan, dari sayuran, buah, daging, kue, dan bumbu dapur. 

Tak jarang, hal ini membuat kulkas rentan berantakan, kotor, dan berbau, yang berasal dari bahan makanan yang disimpan tumpah atau berceceran. 

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Kulkas

Maka itu, perlu melakukan pembersihan kulkas secara rutin dan menyeluruh. Namun, membersihkan kulkas secara menyeluruh membutuhkan lebih dari sekadar mengelapnya setiap minggu.

Tanpa perawatan rutin, noda dan sisa makanan dapat menumpuk di permukaan luar serta di dalam rak dan laci, sementara makanan yang mudah rusak di bagian belakang dapat menimbulkan bau tidak sedap setiap kali membuka pintu kulkas. 

Untuk menjaga kulkas dalam kondisi baik dan mencegah bau tak sedap, berikut cara membersihkan kulkas secara menyeluruh dilansir dari Better Homes and Gardens, Senin (13/11/2023).  

Baca juga: Cara Mengatasi Kulkas yang Bau, Bisa Pakai Kopi

Membersihkan rak dan laci kulkas

Ilustrasi membersihkan kulkas. SHUTTERSTOCK/ELNUR Ilustrasi membersihkan kulkas.
Pertama, lepaskan (jika dapat dilepas) dan cuci rak kulkas, rak kawat, dan laci menggunakan air panas serta sabun pencuci piring berbahan lembut.

Biarkan komponen kaca menghangat hingga mencapai suhu ruangan sebelum menyentuhnya dengan air panas. Jika tidak, komponen tersebut dapat retak.

Tutupi tumpahan makanan yang membandel dengan kain basah yang hangat selama beberapa menit untuk melunakkan tumpahan sebelum dibersihkan dengan pembersih nonabrasif. 

Berikan perhatian khusus pada bagian bawah rak kawat yang dapat menarik serpihan-serpihan. 

Baca juga: Keunggulan Kulkas Polytron Belleza Jumbo PRW 23VX, Penyelamat Musim Kemarau

Membersihkan bagian dalam kulkas

Selanjutnya, cara membersihkan kulkas secara menyeluruh adalah membersihkan bagian dalam peralatan.

Untuk laci dan rak yang tidak dapat dilepas, bersama dengan sisi kompartemen internal, ambil baking soda dan air. Bersihkan bagian dalam kulkas dengan campuran satu bagian baking soda dan tujuh bagian air.

Berhati-hatilah dengan pembersih kulkas komersial karena aromanya dapat berpindah ke makanan. Kerjakan dari atas ke bawah untuk mencegah tetesan menetes ke permukaan yang sudah bersih.

Gunakan sikat gigi khusus untuk membersihkan atau tusuk gigi untuk menjangkau celah  yang tidak bisa dijangkau dengan kain, seperti engsel dan perangkat keras lainnya. Seka semuanya hingga kering dengan handuk bersih. 

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Tips Memilih Kulkas Terbaik

Hilangkan bau kulkas

Ilustrasi kulkas.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kulkas.
Kulkas dapat menjadi lingkungan ideal untuk bau busuk, kecuali Anda mengambil tindakan yang diperlukan. Untungnya, Anda bisa mengatasi bau kulkas tanpa pembersih kimiawi yang keras.

Setelah membilas dan mengeringkan semua permukaan, hilangkan bau kulkas dengan mengisi wadah terbuka menggunakan baking soda kering dan meninggalkannya di rak paling bawah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com