Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tren Karpet 2024 yang Membuat Ruangan Lebih Menawan

Kompas.com - 03/03/2024, 18:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livingetc

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara membuat ruangan terlihat lebih menarik yaitu dengan meletakkan karpet di atas lantai. 

Karpet bisa memberikan tekstur, motif, dan warna di dalam ruangan. Selain itu, karpet juga bisa memberikan kesan hangat dan nyaman di ruangan. 

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Tren Karpet untuk Dekorasi Rumah

Sebagai ornamen dekorasi, model karpet selalu mengalami perubahan tren dari waktu ke waktu. Dilansir dari Livingetc, Minggu (3/3/2024), berikut tren karpet 2024 yang bisa membuat ruangan terlihat lebih cantik dan menawan. 

Karpet berwarna berani

Ilustrasi karpet yang membuat ruangan lebih hangatShutterstock/New Africa Ilustrasi karpet yang membuat ruangan lebih hangat

Menurut banyak desainer karpet berwarna cerah akan membuat rumah terlihat lebih menarik dan menakjubkan. Karpet berwarna cerah akan menjadi fokus utama di ruangan tersebut. 

Jika tidak berani menggunakan warna cerah, maka pilihlah karpet yang warnanya bisa melengkapi warna dinding.

Baca juga: 5 Warna Karpet yang Harus Dihindari di Rumah

Kesesuaian antara warna karpet dan dinding akan menciptakan tampilan yang serasi dan senada. 

Namun, jika menyukai gaya maksimalis, warna yang kontras bisa membuat ruangan terlihat cantik.

Nadia Watts pendiri Nadia Watts Interior Design menyarankan untuk memilih warna hangat seperti warna merah muda merona, kuning mustard, merah, dan hijau alpukat. 

Karpet dari bahan daur ulang

Karpet yang terbuat dari bahan daur ulang juga diprediksi akan menjadi tren karpet 2024. Nadia mengatakan karpet yang terbuat dari serat plastik seperti nilon, polipropilen, atau poliester bisa dengan mudah dibuat dari plastik daur ulang seperti botol air. 

Baca juga: 6 Ide Karpet untuk Ruang Tamu, Bikin Ruangan Lebih Nyaman dan Cantik

Menurut Nadia, bahan-bahan tersebut lebih tahan lama dan ramah lingkungan. Meski terbuat dari bahan daur ulang, tekstur karpet tetap lembut seperti wol, namun harganya lebih murah. 

Selain dari bahan daur ulang plastik, karpet dari limbah tekstil juga bisa dipilih untuk menghias ruangan agar lebih cantik.

Karpet garis-garis

Karpet bergaris tidak pernah lekang oleh waktu. Garis-garis pada karpet bisa menghadirkan corak yang beragam di ruangan. 

Karpet bergaris sangat cocok untuk kamar tidur karena bisa membuat ruangan lebih menarik tanpa mengurangi kesan tenang di dalam ruangan tersebut. 

Baca juga: Inspirasi Karpet untuk Kamar Tidur yang Membuat Ruangan Lebih Cantik

Anushka Ahuja, salah satu pendiri Studio By Agni mengatakan bahwa karpet garis-garis bisa mengubah tampilan dan nuansa di ruangan tersebut. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com