Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Karpet yang Cocok untuk Ruangan dengan Dinding Warna Hijau

Kompas.com - 23/09/2023, 22:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hijau adalah warna cat dinding yang tidak lekang oleh waktu. Warna hijau memberi nuansa tenang, menyejukkan, dan menambahkan sentuhan alam ke rumah.

Selain itu, keuntungan menggunakan warna hijau untuk dinding ruangan adalah mudah untuk dipadukan dengan elemen dekorasi rumah lainnya.

Namun, dilansir House Digest, Sabtu (23/9/2023), untuk memaksimalkan warna cat dinding hijau, sebaiknya pilih warna karpet yang melengkapi dinding agar sedap dipandang. Selain itu, permadani tidak boleh mencuri perhatian dari dinding warna hijau.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 5 Warna Karpet Terbaik untuk Ruang Keluarga

Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna hijau sageSHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna hijau sage

Jadi, jika Anda memiliki dinding warna hijau, karpet dengan warna netral, seperti gading, krem, dan abu-abu adalah yang paling cocok.

Meskipun mencari karpet berwarna terang adalah ide bagus untuk melengkapi warna dinding gelap, dan sebaliknya, Anda juga harus mempertimbangkan faktor-faktor tertentu.

Sebagai langkah awal, perhatikan suasana ruangan, jumlah sinar matahari yang masuk, warna cat hijau yang Anda gunakan, dan lalu lintas yang dilihat sebelum memilih warna karpet.

Misalnya, warna putih adalah warna yang melengkapi hampir semua nuansa hijau.

Baca juga: 6 Warna Karpet untuk Ruang Tamu, Apa Saja?

Hal terpenting yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih warna karpet untuk melengkapi dinding hijau adalah kekuatan catnya. Misalnya, karpet berwarna abu-abu hangat dan coklat tanah cocok dipadukan dengan dinding hijau muda.

Akan tetapi, jika Anda ingin mencoba sesuatu yang berani dan menambahkan kontras yang menyenangkan pada ruangan, pertimbangkan untuk menambahkan karpet biru tua ke lantai.

Begitu pula jika Anda memiliki warna cat hijau tua seperti zamrud pada dinding, pilihlah karpet berwarna lebih terang untuk menyeimbangkan keberaniannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com