Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Warna Karpet yang Cocok untuk Ruangan dengan Dinding Warna Hijau

JAKARTA, KOMPAS.com - Hijau adalah warna cat dinding yang tidak lekang oleh waktu. Warna hijau memberi nuansa tenang, menyejukkan, dan menambahkan sentuhan alam ke rumah.

Selain itu, keuntungan menggunakan warna hijau untuk dinding ruangan adalah mudah untuk dipadukan dengan elemen dekorasi rumah lainnya.

Namun, dilansir House Digest, Sabtu (23/9/2023), untuk memaksimalkan warna cat dinding hijau, sebaiknya pilih warna karpet yang melengkapi dinding agar sedap dipandang. Selain itu, permadani tidak boleh mencuri perhatian dari dinding warna hijau.

Jadi, jika Anda memiliki dinding warna hijau, karpet dengan warna netral, seperti gading, krem, dan abu-abu adalah yang paling cocok.

Meskipun mencari karpet berwarna terang adalah ide bagus untuk melengkapi warna dinding gelap, dan sebaliknya, Anda juga harus mempertimbangkan faktor-faktor tertentu.

Sebagai langkah awal, perhatikan suasana ruangan, jumlah sinar matahari yang masuk, warna cat hijau yang Anda gunakan, dan lalu lintas yang dilihat sebelum memilih warna karpet.

Misalnya, warna putih adalah warna yang melengkapi hampir semua nuansa hijau.

Hal terpenting yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih warna karpet untuk melengkapi dinding hijau adalah kekuatan catnya. Misalnya, karpet berwarna abu-abu hangat dan coklat tanah cocok dipadukan dengan dinding hijau muda.

Akan tetapi, jika Anda ingin mencoba sesuatu yang berani dan menambahkan kontras yang menyenangkan pada ruangan, pertimbangkan untuk menambahkan karpet biru tua ke lantai.

Begitu pula jika Anda memiliki warna cat hijau tua seperti zamrud pada dinding, pilihlah karpet berwarna lebih terang untuk menyeimbangkan keberaniannya.

Alternatifnya, jika warna hijau di dinding Anda merupakan persilangan antara warna terang dan gelap, putih netral, kuning muda, dan krem adalah pilihan terbaik.

Namun, Anda dapat mempertimbangkan warna merah tua, biru, dan ungu tua untuk menambah kesan dramatis pada ruangan. Skema monokromatik, seperti hijau pada hijau, juga bisa digunakan.

Namun untuk efek terbaik, pilihlah warna hijau yang berbeda untuk karpet daripada warna di dinding. Misalnya, permadani berwarna hijau muda akan terlihat indah di dinding hijau zaitun.

Meskipun ada banyak sekali pilihan warna solid yang dapat dipilih, jika Anda tidak memilih warna dasar, jangan ragu untuk bereksperimen dengan karpet bermotif.

Dengan karpet ini, Anda bebas memilih desain yang berani atau halus untuk membentuk tampilan ruangan. Misalnya, desain kontemporer akan membuat ruangan tampak mewah dan modern, sementara karpet motif tradisional memicu nostalgia.

Pola geometris hitam, abu-abu, atau putih yang halus akan menambah karakter ruangan Anda tanpa mencuri sorotan dari dinding. 

Karpet dalam nuansa ini akan cocok dengan sebagian besar warna cat hijau. Selain itu, cocok untuk pemilik rumah minimalis yang ingin mencoba pola geometris dengan warna netral.

Penggemar desain dan dekorasi maksimal akan menyukai karpet bermotif geometris dengan warna biru, merah, dan hijau yang berani.


Sebagai alternatif, karpet bermotif bunga adalah pilihan bagus lainnya. Karpet yang menampilkan bunga mekar dalam warna merah delima, hijau, dan biru dengan latar belakang hijau akan menciptakan suasana yang ramah.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/23/221500676/warna-karpet-yang-cocok-untuk-ruangan-dengan-dinding-warna-hijau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke