Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Tempat Penyimpanan Sepatu di Ruangan Sempit

Kompas.com - 25/02/2024, 17:04 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Ideal Home


JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak ide penyimpanan sepati di rumah. Namun, tidak semua tempat sepatu cocok untuk rumah kecil.

Di ruangan terbatas, lemari atau rak sepatu berukuran besar hanya akan membuat ruangan terlihat semakin sempit dan tidak tertata dengan rapi.

Maka dari itu, ukuran dan desain tempat penyimpanan sepatu harus disesuaikan dengan luar ruangan. Dilansir dari Ideal Home, Minggu (25/2/2024), berikut ini ide tempat penyimpanan sepatu di ruangan sempit.

Baca juga: 3 Ide Rak Sepatu untuk Diletakkan di Pintu Masuk Rumah

Gunakan rak sepatu di luar pintu

ilustrasi rak sepatu di pintuShutterstock/A-photographyy ilustrasi rak sepatu di pintu

Area pintu bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan sepatu. Caranya dengan memasang rak gantung di bagian luar pintu.

Dengan menyimpan sepatu di rak gantung, maka ruangan akan tetap terlihat rapi. Namun, tampilan rak sepatu yang cenderung kurang menarik membuat pemilik rumah harus cermat saat hendak menggantungkan rak sepatu di pintu.

Jangan gantungkan rak di pintu depan rumah, sebaiknya pilih pintu di ruangan yang tidak sering digunakan, sehingga tidak mengganggu tampilan rumah.

Baca juga: Cara Menata Rak Sepatu agar Rapi dan Mudah Dijangkau

Pilih kotak sepatu modular

Ide tempat penyimpanan sepatu di ruangan sempit lainnya yaitu menggunakan kotak sepatu modular. Kotak sepatu ini bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan, sehingga lebih fleksibel.

Selain itu, kotak sepatu modular juga mudah diakses. Dengan menggunakan kotak sepatu modular, maka sepatu bisa disesuaikan berdasarkan kategorinya.

Lemari penyimpanan sepatu

Jika memiliki ruangan kecil, tidak ada salahnya untuk menggunakan kabinet atau lemari untuk menyimpan sepatu.

Poppy Duffree, pendiri dan direktur Organised Interiors, menyarankan untuk memilih lemari penyimpanan sepatu yang ramping agar tidak memakan banyak ruang. Selain itu, lemari sepatu yang ramping juga bisa diletakkan di ruang sempit seperti lorong.

Selain digunakan untuk menyimpan sepatu, bagian paling atas lemari sepatu bisa digunakan untuk menyimpan dekorasi ruangan seperti vas bunga, bingkai foto, atau lilin yang dapat mempercantik ruangan.

Baca juga: Cara Membuat Rak Sepatu dari Kerat Kayu Bekas Buah

Simpan di bawah tempat tidur

Ilustrasi penyimpanan di bawah tempat tidur.SHUTTERSTOCK/PAKSONGPOB KASEMPISAISIN Ilustrasi penyimpanan di bawah tempat tidur.

Area bawah tempat tidur bisa dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan sepatu.

Stephany Aubrey, seorang pakar interior menyarankan untuk menggunakan tempat tidur ottoman atau kotak untuk menyimpan sepatu yang tidak digunakan selama beberapa bulan.

Gunakan kotak sepatu yang ramping agar bisa muat diletakkan di bawah tempat tidur. Kotak sepatu akan membuat ruangan tetap rapi dan sepatu terhindar dari kotoran.

Baca juga: 5 Tips Menyimpan Barang di Bawah Tempat Tidur

Tambahkan lebih banyak rak

Terakhir, ide tempat penyimpanan sepatu di ruangan sempit yaitu menggunakan lebih banyak rak. Ada banyak bentuk rak yang bisa digunakan.

Ava Wilson, pimpinan redaksi di Unclutterer, menyarankan untuk menggunakan rak apung yang elegan dan hemat ruangan. Selain itu, rak apung juga membuat ruangan terlihat bersih dan minimalis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com