Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2024, 15:42 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Weekand


JAKARTA, KOMPAS.com - Pot bunga perlu rutin dibersihkan untuk menghilangkan spora jamur penyebab penyakit, timbunan garam, dan telur hama.

Selain itu, pot yang tidak bersih juga terlihat kusam dan kurang menarik. Maka dari itu, perlu rutin membersihkan pot di akhir musim tanam.

Baca juga: Tips Membersihkan Pot Terakota agar Kembali Kinclong

Proses membersihkan pot bunga cukup mudah, apalagi jika pot terbuat dari bahan plastik. Dilansir dari Weekand, Rabu (21/2/2024), berikut cara membersihkan pot bunga plastik dengan mudah.

Bersihkan kotoran yang menempel

Ilustrasi tanaman hias bromeliad di dalam pot plastikSHUTTERSTOCK/OLIVER HOFFMANN Ilustrasi tanaman hias bromeliad di dalam pot plastik

Jika pot plastik masih terdapat kotoran, maka bersihkan terlebih dahulu kotoran tersebut. Buang sisa tanah yang masih ada di dalam pot.

Semprotkan bagian dalam dan luar pot menggunakan selang taman. Apabila banyak kotoran yang menempel, campurkan sabun cuci piring dan air hangat untuk menghilangkan sisa tanah.

Gunakan sabut gosok untuk membantu menghilangkan kotoran yang mengerak di pot bunga tersebut.

Baca juga: 5 Langkah Membersihkan Pot Terakota

Rendam dalam larutan desinfektan

Pot bunga bisa menjadi media penyebaran hama dan patogen. Maka dari itu, saat membersihkan pot bunga plastik, pastikan untuk merendam pot tersebut dalam larutan desinfektan.

Buat larutan desinfektan dari campuran pemutih dan air dengan perbandingan 1:9. Campurkan kedua bahan tersebut dalam wadah yang cukup besar.

Lalu, masukkan pot bunga ke dalam wadah berisi larutan desinfektan dan rendam selama kurang lebih 10 menit. Jika pot tidak terendam sempurna, letakkan batu berisi atau benda berat lainnya di dalam pot, sehingga pot bisa tenggelam.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Pot Terakota

Bilas dengan air bersih

Setelah direndam dalam larutan desinfektan, pot bunga perlu dibilas menggunakan air bersih. Caranya, semprotkan air menggunakan selang ke bagian dalam dan luar pot.

Dengan membilasnya, maka pot bunga akan bersih maksimal dan tidak ada bahan kimia yang tertinggal.

Bersihkan endapan mineral yang tersisa

Ilustrasi tanaman hias Monstera esqueleto di potSHUTTERSTOCK/MOKJC Ilustrasi tanaman hias Monstera esqueleto di pot

Cara membersihkan pot bunga plastik yang terakhir yaitu membersihkan endapan mineral yang tersisa di wadah tanam tersebut.

Gunakan sabut gosok untuk mengikis endapan mineral dan pisau tumpul untuk menghilangkan sisa kotoran.

Baca juga: Cara Membersihkan Pot Tanaman Pakai Cuka

Kikis pot dengan hati-hati agar tidak merusak atau membuat pot berlubang. Bersihkan seluruh bagian pot, termasuk di tepo wadah.

Sebab, jika bagian pinggir pot masih terdapat sisa garam, maka batang tanaman yang mengenai pot akan mengering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com