Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2023, 22:46 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Budidaya tanaman buah identik dengan kebun yang luas. Sayangnya, tidak semua orang memiliki lahan yang luas untuk bercocok tanam.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, kini tanaman buah sudah bisa ditanam di lahan sempit. Salah satu teknik menanam buah yang bisa dilakukan di lahan sempit yaitu tabulampot atau tanam buah dalam pot.

Ada banyak jenis tanaman buah yang bisa ditanam dalam pot. Namun, untuk membuat tanaman berbuah lebat, perawatan tanaman harus dilakukan dengan maksimal.

Baca juga: 6 Tips Merawat Tanaman Anggur di Dalam Pot agar Rajin Berbuah

Melansir dari situs miliki Universitas Medan Area, Minggu (22/10/2023), berikut tips menanam tanaman buah agar cepat berbuah.

Ilustrasi kedondong yang ditanam dalam potShutterstock/Tersi Dae Alesti Ilustrasi kedondong yang ditanam dalam pot

1. Atur pengairan

Pemberian air harus diatur agar tidak berlebihan. Sebab, penyiraman berlebih biaa menghambat pembungaan. Untuk beberapa jenis tanaman buah seperti mangga dan jambu air, sebaiknya pengairan dilakukan dua kali seminggu setelah baru ditanam.

Selain memperhatikan jenis tanamannya, penyiraman juga disesuaikan dengan kondisi cuaca. Pada musim kemarau, frekuensi penyiraman lebih sering dibandingkan musim hujan.

Penyiraman di musim kemarau sebaiknya dilakukan setiap hari. Namun, jangan siram tanaman di pagi hari karena bisa menghambat proses fotosintesis.

Baca juga: 8 Tips agar Tanaman dalam Pot Cepat Berbuah

2. Lakukan pemangkasan

Apabila tanaman buah berdaun lebat, sebaiknya segera buat tanaman stres, sehingga pertumbuhan bunga semakin cepat.

Caranya dengan membuat goresan pada batang dan membuang daun yang sudah tua serta kering. Hanya daun muda yang disisakan.

3. Pemupukan yang Tepat

Tips menanam buah di pot agar cepat berbuah yang selanjutnya adalah pemupukan yang tepat. Tanaman buah dalam pot memerlukan nutrisi tambahan untuk tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang lezat.

Selain itu, pemberian pupuk bisa membuat tanaman tumbuh subur dan menghasilkan tunas baru. Anda bisa memberikan pupuk kandang atau pupuk organik lain yang diberikan sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Baca juga: Ragam Keuntungan Menanam Buah dalam Pot

4. Perhatikan pencahayaan

Ilustrasi menanam pepaya di pot. SHUTTERSTOCK/AIMPOL BURANET Ilustrasi menanam pepaya di pot.

Perlu dipahami bahwa tidak semua tanaman membutuhkan penyinaran matahari penuh. Ada tanaman yang butuh sinar matahari penuh seperti mangga, sirsak, dan kelengkeng.

Namun ada juga tanaman buah yang tidak membutuhkan penyinaran matahari penuh, seperti apel, ceri, dan jeruk. Maka dari itu, sebelum menanam buah dalam pot pastikan untuk mengetahui syarat tumbuh tanaman tersebut.

5. Lakukan sanitasi lingkungan

Area di sekitar pot tanaman perlu rutin dibersihkan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang berisiko menyebabkan tanaman sakit.

Baca juga: Cara Menanam Alpukat di Dalam Pot

Selain itu, lakukan juga pemangkasan setiap bulan agar tanaman tidak terlalu rimbun. Sebab, tanaman yang rimbun lebih berisiko terserang hama dan penyakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com