Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/12/2021, 10:46 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pepaya merupakan tanaman buah yang memiliki ukuran besar dan tinggi dan memiliki buah yang ukurannya pun besar. Namun, siapa sangka, jika tanaman buah ini bisa ditanam di dalam pot.

Hal ini dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Jumat (24/12/2021). Agar proses budidaya pepaya dalam pot berjalan lancar, pastikan dalam memilih jenis pepaya yang pohonnya tidak tumbuh terlalu besar.

Selain itu, dapat dipastikan juga jenis tersebut menghasilkan buah yang manis dan mengandung vitamin yang berguna bagi tubuh.

 

Baca juga: Trik Menanam dan Merawat Tanaman Mint

Ilustrasi pepaya, buah pepaya. PIXABAY/3CENTISTA Ilustrasi pepaya, buah pepaya.

Ada enam tahapan yang perlu diperhatikan dalam budidaya pepaya, mulai dari pemilihan bibit sampai dengan panen. Berikut beberapa langkahnya menanam pepaya dalam pot di lahan yang sempit. 

1. Memilih bibit pepaya

Cara menanam pepaya dimulai dari proses pemilihan bibit. Pada tahap ini, ada dua jenis bibit yang baik dipilih, yakni bibit unggul yang dibeli atau membuat bibit sendiri.

Untuk penanaman dalam pot, sangat disarankan memilih pepaya california karena jenis tersebut tidak terlalu besar dan cocok ditanam dalam pot.

2. Menyiapkan bibit pepaya

Untuk mendapatkan bibit pepaya yang baik, perlu menyeleksi buah pepaya yang ingin diambil bijinya. Pilihlah buah pepaya dengan bentuk memanjang, tidak cacat, bebas dari penyakit, dan dibiarkan matang di pohon.

Baca juga: Ini Cara Menguji Kualitas Tanah Pot Sebelum Menanam Tanaman

Ambil biji yang terdapat di dalam buah pepaya dan lakukan proses perkecambahan dengan cara merendam biji pepaya semalam dalam air hangat kuku, ambil biji yang tenggalam, cuci bersih lalu tiriskan dan masukkan biji dalam kantong plastik besar yang ditiup.

Ikat plastik dengan rapat agar udara tidak bisa keluar. Setelah sekitar 7-12 hari biji akan mulai berkecambah.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com