Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2021, 08:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Alpukat adalah salah satu buah yang banyak disukai dan mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Keistimewaan buah alpukat adalah memiliki daging buah yang kuning seperti mentega serta rasa legit dan manis.

Selain rasanya yang enak, keistimewaan lainnya dari alpukat karena mengandung lemak 20-30 kali lebih banyak dibanding buah-buah lainnya. Kandungan lemaknya dapat memberikan energi yang cukup ketika dikonsumsi.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (21/12/2021), lemak pada buah alpukat aman karena termasuk lemak tak jenuh yang mudah dicerna dan berguna bagi tubuh.

Baca juga: Cara Menanam Alpukat Aligator di Pekarangan Rumah

Lazimnya, tanaman alpukat tumbuh hingga mencapai mencapai 20 meter. Salah satu varietas alpukat yang belakangan ini mulai populer dibudidayakan masyarakat Indonesia adalah alpukat cipedak.

Ilustrasi tanaman buah alpukat, buah alpukat. PEXELS/MATTHIAS OBEN Ilustrasi tanaman buah alpukat, buah alpukat.

Penyebutan varietas alpukat ini diambil dari nama kelurahan Cipedak di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Keunggulan varietas alpukat cipedak adalah masa berbuahnya yang produktif, memiliki tekstur daging yang legit dan manis dan kulit yang tipis, sehingga bisa dikupas layaknya buah pisang.

Tanaman buah alpukat cipedak memiliki bentuk daun bulat memanjang, dengan warna daun hijau tua pada bagian atas dan hijau muda pada bagian bawah. Adapun bentuk ujung daunnya runcing dan tepi daun rata, dengan permukaan daun licin.

Baca juga: Tips Menanam Alpukat Mentega agar Cepat Berbuah

Tinggi pohon alpukat cipedak bisa mencapai 6 meter. Bentuk batangnya bulat, dengan warna batang abu-abu gelap dan bentuk cabang mendatar.

Satu pohon alpukat cipedak bisa memproduksi 100 hingga 120 kg per pohon setiap sekali panen. Masa panen adalah dua kali dalam setahun.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com