Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ras Kucing Tak Berbulu yang Lucu Dan Menggemaskan

Kompas.com - 23/01/2024, 16:21 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing tak berbulu merupakan jenis kucing yang penampilannya unik dan menarik. Rak kucing tak berbulu merupakan hasil genetik yang menghilangkan bulu pelindungnya.

Kucing ini memerlukan perawatan khusus, seperti membutuhkan tabir surya, perlu rutin dimandikan, dan perawatan lain agar kucing tetap tumbuh dengan baik.

Baca juga: Unik, Inilah 5 Ras Kucing Tidak Berbulu

Kucing tak berbulu ada banyak jenisnya. Dikutip dari The Spruce Pets, Selasa (23/1/2024), berikut ini ras kucing tak berbulu dengan karakteristik berbeda.

Sphynx

Ilustrasi kucing Sphynx.Unsplash/erinagius Ilustrasi kucing Sphynx.
Sphynx merupakan ras kucing tidak berbulu yang berasal dari Kanada. Kucing ini berasal dari mutasi genetik resesif yang terjadi secara alami.

Sphynx dikembangkan melalui perkawinan silang dengan kucing berbulu pendek untuk menciptakan gen yang sehat dan luas.

Beberapa kucing sphynx memiliki bulu halus atau bercak bulu, terutama di bagian wajah, kaki, dan ekor.

Baca juga: Mengapa Kucing Sphynx Tidak Memiliki Bulu?

Bambino

Rak kucing tak berbulu lainnya yaitu bambino. Kucing bambino berasal dari persilangan antara kucing sphynx dengan munchkin.

Kucing ini memiliki sedikit bulu, terutama di wajah, telinga, kaki, dan ekor. Sedangkan bagian lain tidak memiliki bulu.

Donskoy

Donskoy merupakan ras kucing tidak berbulu yang didapat dari gen dominan. Kucing ini memiliki kepribadian yang menyenangkan, cerdas, dan rasa ingin tahunya tinggi.

Ciri fisiknya tidak berambut, terdapat kerutan di sekitar pipi, dan seluruh tubuh berotot. Ras kucing ini memiliki rentang hidup antar 12 sampai 15 tahun.

Baca juga: Selain Sphynx, Ini 6 Ras Kucing Tanpa Bulu yang Bisa Dipelihara

Elf

Kucing elf merupakan kucing ras hasil persilangan sphynx dengan American curl. Kucing ini memiliki kepribadian yang ramah, lucu, penyayang, dan cerdas.

Kucing elf sebenarnya memiliki bulu, namun bulunya sangat halus dan lembut mirip seperti bulu buah persik. Beberapa jenis kucing elf memiliki bercak rambut tipis di telinga, hidung, cakar, dan ekor.

Dwelf

Ilustrasi kucing Dwelf, salah saru ras kucing tanpa bulu.iStockphoto/Thomas Leirikh Ilustrasi kucing Dwelf, salah saru ras kucing tanpa bulu.
Dwelf adalah kucing tak berbulu dari persilangan antara kucing munchkin, American curl, dan sphynx. Beberapa mutasi membuat ras kucing ini tidak berbulu.

Kucing ras dwelf kumis dan alis pendek, bahkan ada yang tidak memiliki kumis dan alis. Kaki kucing ini pendek dengan telinga melengkung.

Baca juga: 4 Tips Merawat Ras Kucing Tanpa Bulu agar Tetap Sehat dan Bersih

Minskin

Ras kucing tak berbulu lainnya yaitu minskin. Kucing ini memiliki kaki pendek yang menggemaskan. Kucing minskin berasal dari persilangan munchin dan sphynx.

Terkadang, kucing minskin memiliki bulu halus di beberapa bagian tubuhnya seperti hidung, telinga, kaki, dan ekor. Sedangkan di bagian perut hampir selalu tidak berbulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com