Kompas.com - 02/09/2021, 16:09 WIB
Ilustrasi ras kucing Bambino. SHUTTERSTOCK/SV_ZTIlustrasi ras kucing Bambino.

JAKARTA, KOMPAS.com- Salah satu kucing tak berbulu yang populer di kalangan masyarakat ialah ras kucing Sphynx.

Meski begitu, sebenarnya masih ada banyak ras kucing tak berbulu lainnya yang juga banyak dijadikan hewan peliharaan. Misalnya, kucing bambino, donskoy, dan peterbald.

Meskipun kucing tak memiliki banyak bulu seperti kucing-kucing lainnya, tapi mereka memiliki bulu halus di permukaan kulit yang membutuhkan perawatan ekstra.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Kucing Aegea yang Berasal dari Kepulauan Yunani

 

Sebab, sama seperti manusia, kucing juga menghasilkan banyak minyak di kulitnya, sehingga harus rutin dibersihkan dan dirawat. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir dari The Spurce, pada Kamis (2/9/2021), berikut ini cara perawatan kucing tanpa bulu.

Baca juga: Mengenal Osteochondrodysplasia, Penyakit Genetik Kucing Scottish Fold

Dimandikan seminggu sekali

Untuk membantu membersihkan minyak dari permukaan kulit kucing yang tidak berbulu, mereka harus dimandikan secara rutin seminggu sekali dengan air hangat dan sampo hewan peliharaan hipoalergenik.

Selain itu, produk perawatannya pun harus bebas pewarna dan parfum. Saat mandi, penting untuk memastikan bahwa semua sampo telah dibilas secara menyeluruh dari tubuh si kucing. Karena, sisa sampo yang masih tertinggal di kulit dalam waktu lama akan menyebabkan iritasi.

Baca juga: Apakah Kucing Mengenali Nama Mereka? Berikut Penjelasannya

Setelah selesai dimandikan, tepuk-tepuk lembut tubuh kucing dengan handuk hingga kering. Memandikan kucing tanpa bulu secara rutin tiap minggu adalah hal yang penting.

Sebab, jika tidak rutin dimandikan, maka permukaan kulitnya akan muncul jerawat dan komedo. Nah, apabila kucing berjerawat, kamu bisa membersihkannya dengan air hangat dan sabun antibakteri.

Baca juga: 5 Fakta Unik dan Menarik tentang Ras Kucing Aegean

Bersihkan bagian telinga

Meskipun tak berbulu, kucing jenis ini juga memiliki kotoran telinga yang harus dibersihkan secara rutin untuk membantu mencegah infeksi kotoran pada telinga.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.