Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Desain Lemari Pakaian untuk Kamar Tidur Kecil

Kompas.com - 20/01/2024, 18:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari pakaian merupakan furnitur kamar tidur yang wajib dimiliki. Namun, biasanya furnitur ini memakan banyak tempat karena ukurannya cukup besar.

Di kamar tidur kecil, pemilihan lemari harus dilakukan dengan cermat agar tidak mengganggu mobilitas di ruangan tersebut dan tidak membuat ruangan terasa semakin sempit.

Baca juga: 7 Desain Lemari Dapur yang Bakal Tren pada 2023

Dilansir dari Chique Home Living, Sabtu (20/1/2024), ada banyak ide lemari yang bisa membantu menghemat atau memaksimalkan ruang di kamar tidur kecil. Adapun ide desain lemari pakaian untuk kamar tidur kecil, seperti berikut:

Lemari built-in

Ilustrasi lemari pakaian.Shutterstock/All About Space Ilustrasi lemari pakaian.

Salah satu desain lemari pakaian yang banyak digunakan yaitu lemari built-in. Tidak seperti lemari pakaian tradisional yang berdiri sendiri, lemari built-in diintegrasikan ke dalam rongga dinding yang dibuat khusus.

Lemari built-in tidak bisa dipindahkan dan dibuat khusus agar terlihat seperti bagian dari ruangan tersebut.

Desain lemari pakaian seperti ini bisa membantu memaksimalkan ruang penyimpanan dan membuat tampilan ruangan lebih ramping.

Baca juga: 7 Ide Desain Lemari Pakaian untuk Kamar Tidur Sempit

Desain lemari tradisional

Jika menyukai nuansa sederhana, maka ide desain lemari pakaian tradisional bisa menjadi pilihan. Selain digunakan untuk menyimpan pakaian, lemari freestanding juga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang lain.

Dengan menggunakan lemari tradisional, maka ruangan terasa lebih luas dan mobilitas di dalam kamar tidur terganggu.

Lemari pakaian terbuka

Lemari pakaian terbuka atau tanpa pintu akan membuat ruangan terasa lebih luas dibandingkan lemari pakaian tertutup.

Selain membuat kamar terasa lebih luas, lemari terbuka juga membuat kamar terlihat lebih estetik. Akan tetapi, lemari terbuka perlu rutin dirapikan agar tetap terlihat estetik.

Baca juga: 5 Cara Memaksimalkan Ruang Lemari Pakaian, Bebas Berantakan

Lemari pintu geser

Lemari pakaian dengan pintu geser juga bisa menjadi ide desain lemari pakaian untuk kamar tidur kecil. Pintu geser bisa mengoptimalkan ruang karena dapat digeser di sisi ke sisi.

Selain hemat ruang, lemari pintu geser juga membuat ruangan lebih elegan dan menawan. Biasanya, pada pintu terdapat cermin yang bisa memberikan ilusi ruangan lebih luas.

Kombinasi lemari pakaian dan meja rias

Ilustrasi lemari pakaian.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi lemari pakaian.

Jika ingin memiliki meja rias, namun kamar tidur terlalu sempit, maka solusi yang bisa dipilih yaitu menggabungkan lemari pakaian dengan meja rias.

Cara ini tak hanya menghemat ruang, namun bisa membuat lemari lebih multifungsi. Desain lemari seperti ini biasanya dilengkapi dengan laci yang dapat digunakan untuk menyimpan make up, meja, dan cermin.

Baca juga: Ketahui, Ini Ragam Ukuran Lemari Pakaian, dari Kecil hingga Besar

Lemari satu pintu

Terakhir, ide desain lemari pakaian untuk kamar tidur kecil yaitu lemari tunggal atau lemari dengan satu pintu. Lemari ini memiliki bentuk lebih ramping, sehingga tidak akan memakan banyak ruang.

Lemari ini bisa dibuat tinggi agar ruang penyimpanan tetap banyak. Jika masih membutuhkan ruang penyimpanan tambahan, salah satu solusi yang bisa dipilih yaitu membuat ruang penyimpanan tambahan di bawah tempat tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com