Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2022, 15:03 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari menjadi bagian penting dari setiap dapur bergaya apa pun. Lemari dapur tidak hanya sebagai tempat penyimpanan dan mengatur kebutuhan, tetapi juga berpengaruh besar pada gaya dapur secara keseluruhan.

Mendekati akhir 2022 dan menjelang 2023, para desainer memikirkan apa yang akan menjadi tren untuk lemari dapur.

Nah, dilansir dari House Beautiful, Senin (7/11/2022), berikut desain lemari dapur yang bakal menjadi tren pada 2023. 

Baca juga: Penyebab Lemari Pakaian Berbau Tak Sedap dan Cara Mengatasinya 

Lemari kayu berwarna gelap

Ilustrasi dapur, ilustrasi lemari dapur kayu solid.SHUTTERSTOCK / George Tsamakdas Ilustrasi dapur, ilustrasi lemari dapur kayu solid.
Sarah Robertson, pendiri Studio Dearborn, mengatakan akan melihat kembalinya lemari kayu berwarna gelap di dapur.

Ini berfungsi sebagai penyeimbang untuk semua warna jenuh di interior dan memberikan getaran selaras dengan kerinduan akan kenyamanan rumah kakek-nenek.  

Lemari kaca patri

Desainer Margarita Bravo menjelaskan lemari kaca patri pernah menjadi pilihan populer, tetapi tidak lagi disukai dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, lemari kaca patri akan muncul kembali pada 2023 karena pemilik rumah berusaha menambahkan sentuhan elegan ke dapur mereka. 

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Lemari Dapur agar Terlihat Seperti Baru 

Lemari dapur dua warna

Lemari dapur dua warna mungkin tidak tampak seperti pilihan yang jelas, tetapi dapat membawa kedalaman, intrik, dan variasi halus ke dapur.

"Lemari dua warna semakin populer karena pemilik rumah berusaha menambahkan sentuhan kepribadian ke dapur mereka," kata Bravo.

Lemari hitam dan putih adalah kombinasi klasik yang dapat menciptakan tampilan memukau, sementara pilihan populer lainnya adalah biru dan putih, abu-abu dan putih,bahkan hijau dan putih. 

Baca juga: 4 Tren Warna Lemari Dapur, Ciptakan Nuansa Nyaman dan Modern 

Detail tradisional

Ilustrasi dapur minimalis.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi dapur minimalis.
Detail tradisional di dapur sudah kembali, tapi tidak seperti dapur beberapa dekade lalu. Lemari dapur detail tradisional dipenuhi dengan banyak cahaya dari jendela besar dan campuran hasil akhir yang terang serta gelap, yang menghasilkan ruang cerah, eklektik, dan sangat pribadi.

Warna lebih berani

Jika berpikir dapur ungu berani, bersiaplah untuk arah warna yang lebih besar. "Kuning cerah, oranye, dan merah semuanya menjadi lebih populer karena pemilik rumah ingin menambahkan semburat warna ke dapur mereka," ujar Bravo.

Ini bisa dilakukan dengan lemari aksen, mengecat semua dapur dengan warna berani, atau menambahkan wallpaper untuk memberi aksen pada ruangan.  

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Terjadi saat Menata Lemari Dapur 

Hasil akhir alami

Ilustrasi lemari dapur atas, lemari gantung dapur. PEXELS/MAX VAKHTBOVYCH Ilustrasi lemari dapur atas, lemari gantung dapur.
Tampilan lemari yang hangat dan bergaya perdesaan yang menonjolkan serat kayunya menciptakan suasana mengundang.

"Meski sudah melihat sedikit ini pada 2022, kita akan melihat lebih banyak kayu alami di dapur pada 2023," imbuh desainer Hilary Matt.

Dia menambahkan, baik dimasukkan ke lemari, aksesori, maupun lantai, pilihannya tidak terbatas.

"Saya menyukai tampilan kayu alami pada peralatan siap-panel, terutama saat dipasangkan dengan bahan lain, seperti lantai ubin bermotif atau pulau batu," ucapnya. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Kombinasi Lantai dan Lemari Dapur yang Nyaman 

Aksen hangat

Anna Zaoui, salah satu pendiri The Invisible Collection, mengatakan sebuah kemewahan memiliki dapur yang menjadi tempat hiburan serta memiliki ruang para tamu dapat merasa nyaman dan santai.

Menggunakan warna-warna hangat dan tekstur berbeda dapat menciptakan ruang khusus di dapur. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan lemari kayu yang dicat dengan pegangan kuno dari tembaga atau logam emas tua. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com