Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tren Teras 2024, Bikin Rumah Lebih Estetik

Kompas.com - 17/01/2024, 12:16 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com - Tren dekorasi rumah selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahun, tak terkecuali tren desain eksterior rumah. Meremajakan area luar rumah akan membuat tampilan rumah lebih segar dan cantik.

Area luar ruangan yang perlu di dekorasi ulang mengikuti tren terkini yaitu teras rumah. Teras yang cantik akan membuat rumah terasa semakin nyaman.

Baca juga: 6 Tips Mendekorasi Teras Sempit agar Terlihat Luas dan Estetik

Dikutip dari The Spruce, Rabu (17/1/2024), berikut ini beberapa tren teras 2024 yang bisa menjadi inspirasi.

Menggunakan warna dan pola yang berani

Ilustrasi terasShutterstock Ilustrasi teras

Para desainer mengatakan terjadi pergeseran tren teras dari warna netral ke warna-warna cerah, berani, dan pola yang menyenangkan.

Heather Goerzen, direktur desain di Heavenly menyarankan untuk mendekorasi area luar ruangan menggunakan motif bunga, garis, dan warna berani untuk tampilan yang lebih serasi.

Daripada mengganti seluruh furnitur dan dekorasi teras, Goerzen juga merekomendasikan untuk menghadirkan warna dan pola yang mudah diubah, seperti bantal dan selimut.

Cara dekorasi ini cukup mudah dan murah. Hasil akhirnya pun cantik dan menarik.

Baca juga: 6 Warna Cat yang Cocok untuk Mendekorasi Teras Rumah

Memadukan interior dan eksterior rumah

Hampir semua pakar desain memperkirakan tren terbesar tahun ini yaitu memadukan interior dan eksterior rumah dengan serasi. Dengan demikian, teras terlihat seperti perpanjangan interior rumah.

Teras yang terhubung dengan area dalam rumah, sebaiknya didesain dengan ornamen dekorasi yang senada, seperti menggunakan lantai yang sama, furnitur yang serasi, dan palet warna yang senada.

Keely Smith, kepala desainer interior di JD Elite Interiors menyarankan untuk menggunakan lantai batu, kayu, dan ubin karena terlihat lebih estetik. Material tersebut juga bisa digunakan untuk dinding teras.

Baca juga: 5 Ide Mendekorasi Dinding Teras Rumah yang Estetik dan Unik

Dapur luar ruangan

Tren teras 2024 lainnya yaitu membuat dapur luar ruangan di area teras. Dengan demikian, teras bisa dimanfaatkan sebagai area makan.

Dapur luar ruangan biasanya dibuat di teras belakang. Dapur luar ruangan cocok untuk rumah sempit yang memiliki keterbatasan lahan.

Tempat duduk nyaman

Furnitur plastik kini mulai banyak ditinggalkan. Sebaliknya, kini banyak yang menggunakan furnitur dari kayu dengan area duduk yang lebih nyaman.

Sofa dan kursi luar ruangan yang mewah semakin populer. Furnitur tersebut akan membuat teras terasa semakin cantik dan menarik.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Furnitur Luar Ruangan Agar Tetap Awet

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com