Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Anjing Doberman dan Rottweiler, Mana Terbaik untuk Menjaga?

Kompas.com - 11/01/2024, 07:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Doberman pinscher dan Rottweiler adalah dua ras anjing populer. Doberman dan Rottweiler merupakan ras anjing penjaga terbaik di dunia yang dikenal kuat, berani, cerdas, serta setia. 

Baik Doberman maupun Rottweiler memiliki penampilan yang tampak mirip, seperti warna bulu hitam dan wajah yang garang.  

Baca juga: Doberman Jantan Vs Betina, Mana yang Terbaik untuk Anjing Peliharaan?

Namun, sebenarnya anjing Doberman dan Rottweiler berbeda dalam beberapa aspek, dari asal-usul, kepribadian, fisik, kesehatan, dan cara perawatan. 

Saat memutuskan anjing mana yang akan diadopsi, sangat penting mengetahui lebih banyak tentang ras keduanya guna mengetahui mana yang terbaik serta sesuai dengan kebutuhan dan prefensi Anda. 

Nah, dilansir dari Animal Wised, Kamis (11/1/2024), berikut sejumlah perbedaan anjing Doberman dan Rottweiler.

Asal usul anjing Doberman dan Rottweiler

Ilustrasi anjing Rottweiler. Shutterstock/Rita_Kochmarjova Ilustrasi anjing Rottweiler.
Doberman pinscher adalah ras anjing yang berasal dari Jerman pada abad ke-19. Pada awalnya, anjing Doberman digunakan sebagai anjing penjaga seorang pemungut cukai, tapi saat ini umum digunakan sebagai anjing pendamping di banyak keluarga meski beberapa orang juga melatih sebagai anjing penjaga.

Sama dengan Doberman, Rottweiler juga ras anjing asal Jerman yang muncul pada abad ke-19. Awalnya, anjing Rottweiler dirancang sebagai anjing penjaga ternak dan harta benda.

Saat ini, Rottweiler tetap sebagai anjing penjaga, tetapi juga umum ditemukan sebagai anjing pendamping, bahkan melakukan tugas bantuan, seperti mambantu tugas kepolisian.

Anjing Rottweiler dikenal tidak hanya karena kekuatannya, tetapi juga kecerdasannya.  

Baca juga: 8 Ras Anjing Besar yang Ramah untuk Keluarga, Ada Rottweiler

Ciri-ciri fisik Doberman dan Rottweiler 

Ilustrasi anjing Rottweiler dan Doberman duduk bersama di sebuah taman. Shutterstock/Alexandra Kruspe Ilustrasi anjing Rottweiler dan Doberman duduk bersama di sebuah taman.
Meski beberapa orang bingung membedakan ras anjing ini satu sama lain karena kesamaan bulunya, Doberman dan Rottweiler berbeda dalam karakteristik fisiknya.

Berikut sejumlah perbedaan anjing Doberman dan Rottweiler berdasarkan ciri-ciri fisik:

  • Doberman pinscher

Doberman adalah anjing yang sangat cerdas dengan kemampuan belajar yang tinggi. Dari segi penampilan, anjing Doberman berukuran besar dan bertubuh atletis.

Berat badannya berkisar antara 30-40 kilogram dan tinggi badan layu antara 65-69 sentimeter. Sekilas, Doberman adalah anjing yang jauh lebih lembut dan anggun daripada Rottweiler. Inilah salah satu perbedaan utama keduanya. 

Anjing Doberman memiliki bulu yang pendek berwarna hitam dan coklat atau coklat dan tan yang mengkilap dalam berbagai corak coklat. 

Baca juga: Perbedaan Anjing Doberman dan Rottweiler, Jangan Sampai Tertukar

  • Rottweiler

Anjing Rottweiler memiliki penampilan lebih kokoh. Meski sama-sama anjing besar, Rottweiler menunjukkan corak lebih kuat dan berotot serta tengkorak dan leher sangat lebar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com