Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2024, 17:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara meningkatkan kebahagiaan di rumah dan meningkatkan kualitas tidur yang optimal setiap malam adalah memastikan udara dalam ruangan beraroma segar dan bersih.

Bau yang berdebu dan apak dapat memperburuk alergi serta membuat tidak nyaman, tetapi menggunakan parfum dan pengharum ruangan dapat memicu alergi, sakit kepala, serta gangguan pernapasan pada beberapa orang. 

Baca juga: 4 Cara Membuat Lilin Aromaterapi Lebih Harum dan Tahan Lama

Untungnya, ada sejumlah cara mengharumkan rumah secara alami atau tanpa pengharu, ruangan. 

Disadur dari The Spruce, Senin (8/10/2023), berikut beberapa cara mengharumkan rumah secara alami.  

Membuka jendela 

Ilustrasi jendela vinyl.SHUTTERSTOCK/VITALIY HRABAR Ilustrasi jendela vinyl.
Cara mengharumkan rumah dengan cepat adalah membuka jendela serta membiarkan sinar matahari dan udara segar masuk.

Kecuali, iika Anda tinggal di dekat jalan bebas hambatan atau kawasan industri yang sibuk, udara di dalam rumah kemungkinan besar memiliki kualitas lebih rendah daripada udara di luar.

Biasakan membuka jendela setiap pagi selama privasi dan cuaca memungkinkan. Seluruh rumah akan beraroma lebih segar dan Anda akan mendapatkan sinar matahari pagi yang meningkatkan suasana hati dan energi. Sungguh sama-sama menguntungkan. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Rumah Harum Sepanjang Hari

Mencuci seprai

Selanjutnya, cara mengharumkan rumah secara alami adalah mencuci seprai. Tidak ada yang senyaman seprai yang bersih dan lembut, tetapi seprai yang sama menyerap sejumlah besar minyak tubuh, cairan, juga partikel kulit yang luruh setiap malam.

Terlalu lama tidak mencuci seprai akan membuatnya mulai berbau tidak sedap.
Untuk menjaga udara tetap segar, jemurlah kasur dan cuci seprai setiap minggu.

Namun, bila Anda sangat rentan terhadap alergi dan tidur bersama hewan peliharaan, sebaiknya mencuci seprai lebih sering.  

Ambil langkah lebih jauh dengan mengganti sarung bantal Anda setiap dua hari sekali. Hal ini tidak hanya membantu menjaga kamar Anda tetap segar, tetapi juga membantu menjaga kulit Anda tetap terlihat prima. 

Baca juga: 5 Cara Menciptakan Kamar Mandi yang Harum Sepanjang Hari

Menyegarkan karpet

ilustrasi membersihkan karpet buluShutterstock/Andrey_Popov ilustrasi membersihkan karpet bulu
Menggunakan karpet di rumah memberikan kenyamanan, kehangatan, serta meredam suara. Namun, karpet dapat menyimpan bakteri, jamur, serbuk sari, dan kotoran dari kaki.Seiring waktu, kotoran-kotoran tersebut dapat menimbulkan bau tak sedap. 

Namun, jangan langsung menggunakan bahan kimia keras untuk menghilangkan bau pada karpet. Sebagai gantinya, cobalah menggunakan baking soda. Cara ini murah dan mudah dilakukan. 

Cukup taburkan lapisan menyeluruh di atas karpet, diamkan setidaknya satu jam, lalu sedot bubuknya. Hal ini dapat membersihkan sekaligus menghilangkan. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Kamar Tidur Harum Sepanjang Hari

 

Membuat reed diffuser 

Ilustrasi diffuser. Studi menemukan manfaat aroma wangi selama tidur dapat meningkatkan kognitif, ingatan dan mencegah demensia.SHUTTERSTOCK/Bezuglova Evgeniia Ilustrasi diffuser. Studi menemukan manfaat aroma wangi selama tidur dapat meningkatkan kognitif, ingatan dan mencegah demensia.
Cara mengharumkan rumah secara alami berikutnya adalah menggunakan reed diffuser DIY. Tentu saja, Anda bisa membeli reed diffuser, tapi harganya bisa mahal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com