Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2023, 07:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci pakaian menjadi pekerjaan yang berat dan memakan banyak waktu. Namun, hal ini akan terbayar dan terasa menyenangkan jika mendapat cucian yang harum. 

Pakaian atau cucian yang harum juga memberi kesenangan dan kenyamanan mengenakannya. Penyebab pakaian berbau bisa karena sejumlah hal, seperti mesin cuci yang kotor serta tidak mengeringkan pakaian dengan baik. 

Baca juga: 8 Manfaat Menggunakan Cuka untuk Mencuci Pakaian, Wajib Coba!

Untungnya, membuat pakaian harum sebetulnya tidaklah sulit dan bisa dilakukan dengan banyak cara, baik menggunakan pewangi pakaian maupun bahan-bahan alami di rumah. 

Dilansir dari The Spruce, Jumat (22/9/2023), berikut sejumlah cara membuat pakaian harum setelah dicuci.

Bersihkan mesin cuci 

Ilustrasi membersihkan mesin cuci.SHUTTERSTOCK/ALEKS333 Ilustrasi membersihkan mesin cuci.
Jika pakaian mulai berbau setelah keluar dari mesin cuci atau hanya ingin memastikan pakaiaa berbau segar, mulailah dengan membersihkan mesin cuci.

Hal ini akan menghilangkan detergen dan kotoran yang menumpuk serta menghilangkan bau yang tertinggal.

Anda dapat membersihkan mesin cuci dengan pembersih mesin cuci yang dibeli di toko atau menambahkan 236 mililiter cuka ke dalam mesin cuci yang kosong, lalu menjalankan siklus clean atau sanitize.

Setelah siklus selesai, pastikan juga mengelap bagian dalam dan luar pintu mesin cuci. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Mencuci Pakaian Bekas agar Bebas Kuman dan Harum

Terapkan kebiasaan mencuci pakaian yang baik 

Selanjutnya, cara membuat pakaian harum setelah dicuci adalah menerapkan kebiasaan mencuci yang baik. Hal ini berarti mencuci pakaian yang sangat berkeringat atau lembap sesegera mungkin.

Tidak membiarkan cucian basah berada di dalam mesin cuci setelah siklus selesai dan tidak mencuci beban yang terlalu besar atau menggunakan terlalu banyak detergen.

Gunakan cuka

Cuka tak hanya dapat menghilangkan bau tak sedap pada mesin cuci, tetapi juga  keringat yang menempel pada cucian ehingga membuat pakaian lebih segar.

Untuk menggunakan cuka agar pakaian lebih harum, Anda hanya perlu menambahkan 59 mililiter cuka ke dalam dispenser pelembut kain di mesin cuci. 

Baca juga: Bikin Kacau, 7 Barang Ini Sebaiknya Tidak Disimpan di Lemari Pakaian

Ganti aroma 

Ilustrasi mencuci pakaian putih.SHUTTERSTOCK/DUANGJAN J Ilustrasi mencuci pakaian putih.
Jika menyadari cucian tidak lagi wangi seperti dulu, mungkin saja hidung Anda sedang bermasalah. Setelah menggunakan detergen yang sama dalam waktu sangat lama, hidung Anda akan terbiasa sehingga baunya tidak sejelas sebelumnya.

Untungnya, ada cara mudah mengatasinya, yakni mengganti aromanya. Sering kali, Anda dapat menemukan detergen yang sudah Anda sukai, tetapi dengan aroma berbeda. Hal ini bisa menjadi cara membuat pakaian harum setelah dicuci. 

Gunakan minyak esensial dan bola pengering

Ingin menghindari penggunaan lembaran pengering beraroma, tetapi tetap ingin memastikan cucian wangi? Cobalah menggunakan bola pengering wol dengan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com