Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Produk Mencuci Pakaian yang Harus Dimiliki di Rumah

Kompas.com - 29/07/2023, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci pakaian menjadi tugas rumah tangga yang tidak selalu bisa dihindari smeski telah ada jasa laundry.

Pasalnya, tidak semua pakaian dan noda dapat dicuci oleh jasa laudry. Maka itu, Anda perlu mengetahui cara mencuci pakaian dan menghilangkan noda pada pakaian serta kain. 

Baca juga: Cara Mencuci Pakaian Renang Agar Awet Bertahun-tahun

Hal ini juga termasuk memiliki sejumlah produk mencuci pakaian. Setidaknya, ada lima produk mencuci pakaian yang harus dimiliki di rumah atau ruang mencuci.

Masing-masing produk ini mempunyai manfaat dan kekurangan dalam mencuci pakaian, dari memutihkan, mencerahkan, dan melembutkan tekstur.

Nah, dilansir dari The Spruce, Sabtu (29/7/2023), berikut lima produk mencuci pakaian yang harus dimiliki di rumah. 

Detergen

Ilustrasi deterjen, deterjen bubuk dan deterjen cair.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi deterjen, deterjen bubuk dan deterjen cair.
Saat mengunjungi lorong produk binatu di toko, Anda akan menemukan berbagai macam detergen. Beberapa mengklaim sangat diperlukan untuk kain dan jenis pakaian tertentu.

Detergen sekarang ditawarkan dalam bentuk cair, bubuk, atau kemasan dosis tunggal. Semuanya membersihkan pakaian dengan baik. Namun, detergen cair sangat efektif untuk noda berminyak dan mudah digunakan sebagai pembersih awal noda.

Detergen bubuk biasanya lebih murah untuk digunakan per muatan. Detergen ini efektif untuk membersihkan noda kotoran dan tanah. 

Baca juga: 5 Cara Mencerahkan Pakaian Putih yang Menguning

Detergen dosis tunggal nyaman dan mudah digunakan dan biasanya lebih mahal untuk digunakan per beban.

Hampir semua merek detergen sekarang diformulasikan untuk digunakan pada mesin cuci bukaan depan atau bukaan atas berefisiensi tinggi. 

Baik detergen cair, kapsul, maupun bubuk, ingatlah bahwa harga tidak selalu menjadi indikator terbaik untuk performa detergen.

Kuncinya, melihat daftar bahan pada label produk. Semakin banyak bahan aktif yang tercantum dalam formula, seperti enzim pelarutan noda dan surfaktan pengangkat kotoran, semakin baik kinerja detergen tersebut. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Detergen Pods untuk Mencuci Pakaian

Pemutih oksigen

Ilustrasi pemutih.SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOS Ilustrasi pemutih.
Selanjutnya, produk mencuci pakaian yang harus dimiliki di rumah adalah pemutih oksigen. Pemutih oksigen (atau pemutih untuk semua bahan) bekerja lebih lambat dan lembut daripada pemutih klorin.

Pemutih oksigen mengandung natrium perborat atau natrium perkarbonat sehingga aman digunakan pada semua kain yang dapat dicuci, kecuali sutra, wol, dan kulit, serta semua warna dan kain putih.

Selain itu, pemutih oksigen dapat digunakan dalam air bersuhu berapa pun. Ketika pemutih oksigen digunakan dalam pencucian, bahan kimia teroksidasi untuk membantu menghilangkan kotoran dan bahan organik serta mencerahkan kain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com