Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mengharumkan Rumah Secara Alami

Bau yang berdebu dan apak dapat memperburuk alergi serta membuat tidak nyaman, tetapi menggunakan parfum dan pengharum ruangan dapat memicu alergi, sakit kepala, serta gangguan pernapasan pada beberapa orang. 

Untungnya, ada sejumlah cara mengharumkan rumah secara alami atau tanpa pengharu, ruangan. 

Disadur dari The Spruce, Senin (8/10/2023), berikut beberapa cara mengharumkan rumah secara alami.  

Kecuali, iika Anda tinggal di dekat jalan bebas hambatan atau kawasan industri yang sibuk, udara di dalam rumah kemungkinan besar memiliki kualitas lebih rendah daripada udara di luar.

Biasakan membuka jendela setiap pagi selama privasi dan cuaca memungkinkan. Seluruh rumah akan beraroma lebih segar dan Anda akan mendapatkan sinar matahari pagi yang meningkatkan suasana hati dan energi. Sungguh sama-sama menguntungkan. 

Mencuci seprai

Selanjutnya, cara mengharumkan rumah secara alami adalah mencuci seprai. Tidak ada yang senyaman seprai yang bersih dan lembut, tetapi seprai yang sama menyerap sejumlah besar minyak tubuh, cairan, juga partikel kulit yang luruh setiap malam.

Terlalu lama tidak mencuci seprai akan membuatnya mulai berbau tidak sedap.
Untuk menjaga udara tetap segar, jemurlah kasur dan cuci seprai setiap minggu.

Namun, bila Anda sangat rentan terhadap alergi dan tidur bersama hewan peliharaan, sebaiknya mencuci seprai lebih sering.  

Ambil langkah lebih jauh dengan mengganti sarung bantal Anda setiap dua hari sekali. Hal ini tidak hanya membantu menjaga kamar Anda tetap segar, tetapi juga membantu menjaga kulit Anda tetap terlihat prima. 

Namun, jangan langsung menggunakan bahan kimia keras untuk menghilangkan bau pada karpet. Sebagai gantinya, cobalah menggunakan baking soda. Cara ini murah dan mudah dilakukan. 

Cukup taburkan lapisan menyeluruh di atas karpet, diamkan setidaknya satu jam, lalu sedot bubuknya. Hal ini dapat membersihkan sekaligus menghilangkan. 

Mengapa tidak membuatnya sendiri? Anda hanya membutuhka stoples kaca atau vas dengan bagian atas yang sempit, beberapa tusuk sate bambu, 59 mililiter minyak almond manis atau safflower, dan 15-20 tetes minyak esensial favorit Anda.

Pilih yang beraroma menenangkan, seperti lavender, melati, vanila, atau cendana. Aduk pembawa dan minyak esensial bersama-sama di dalam stoples, susun tusuk sate menjadi buket, dan letakkan diffuser di atas meja samping tempat tidur.

Bersabarlah hal inimemakan waktu satu atau dua hari agar aromanya dapat menyebar ke tusuk sate. 

Membuat pengharum ruangan

Terakhir, cara mengharumkan rumah secara alami adalah membuat pengharum ruangan sendiri. Mungkin reed diffuser bukan favorit Anda, tapi jjika ingin mengharumkan rumah dengan aroma yyang tidak terbuat dari wewangian sintetis, bisa memakai pengharum ruangan. 

Anda membutuhkan botol semprot bersih, 236 mililiter air suling, tiga sendok makan alkohol gosok (Anda bisa menggunakan vodka tanpa rasa jika Anda mau), dan 20 tetes minyak esensial favorit.

Gunakan satu aroma atau kombinasikan minyak peningkat relaksasi, seperti bergamot, lavender, chamomile, vanila, dan mawar. Cukup campurkan bahan-bahan tersebut ke dalam botol semprot dan semprotkan ke udara sesering mungkin.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/01/08/174500376/5-cara-mengharumkan-rumah-secara-alami

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke