Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memaksimalkan Ruang Lemari Pakaian, Bebas Berantakan

Kompas.com - 06/01/2024, 19:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari pakaian dapat menjadi penuh dan berantakan seiring waktu. Akibatnya, membuat Anda kesulitan mencari dan menemukan pakaian atau barang yang dibutuhkan. 

Untungnya, merapikan dan membereskan lemari pakaian mudah dilakukan. Saat memulai proyek memaksimalkan ruang lemari, evaluasi semua yang perlu Anda simpan. 

Baca juga: Ketahui, Ini Ragam Ukuran Lemari Pakaian, dari Kecil hingga Besar

Keluarkan semuanya, singkirkan barang-barang yang tidak lagi diperlukan, dan sortir barang-barang yang Anda sukai atau masih digunakan.

Sebelum membeli solusi penyimpanan, pastikan solusi tersebut sesuai dengan lemari pakaian dan kebutuhan unik Anda.

Ukurlah dengan cermat sebelum membeli produk pengorganisasian lemari. Nah, dilansir dari The Spruce, Sabtu (6/1/2024), berikut cara memaksimalkan ruang lemari pakaian.  

Teliti solusi penyimpanan lemari kecil

Ilustrasi lemari pakaian.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi lemari pakaian.
Sangat penting memiliki rencana sebelum mulai membeli barang. Inventarisir apa yang sudah Anda miliki untuk melihat apa yang harus digunakan.

Tinjau kembali berapa banyak celana, rok, dan kemeja yang harus Anda gantung. Berapa banyak kemeja, sweater, dan celana jeans yang harus dilipat dan ditumpuk, serta jumlah aksesori yang harus disimpan di dekat Anda. Kemudian, ukurlah lemari Anda dan catatlah. 

Pengatur lemari menambah ruang dengan memanfaatkan setiap inci secara kreatif, jadi pastikan memeriksa bilik atau tas gantung dengan rak dan laci built-in, laci yang dapat ditumpuk, atau gerobak kecil yang dapat digulung.

Lihatlah apakah dapat menggunakan kembali barang-barang yang mungkin sudah Anda miliki yang dapat digunakan di ruangan, seperti rak buku kecil, biro kecil, rak sepatu, tempat sampah, atau kotak dekoratif yang dapat ditumpuk. 

Baca juga: 7 Barang Penyebab Kekacauan yang Harus Dibuang dari Lemari Pakaian

Gunakan lantai lemari pakaian 

Selanjutnya, cara memaksimalkan ruang lemari pakaian adalah menggunakan ruang lantai. Masuk akal mengambil sepatu yang tidak terlalu sering Anda pakai dan menyimpannya di dalam lemari pakaian,

Manfaatkan ruang lantai untuk kombinasi penyimpanan di luar musim, aksesoris, dan sepatu. Pilihan penyimpanan sepatu terbaik untuk lantai adalah cubby yang rendah ke tanah. Pastikan menggunakan yang pas sehingga dapat meregangkan setiap inci ruang lantai.

Anda juga bisa memindahkan sepatu yang sudah tidak terpakai atau jarang dipakai ke tempat lebih tinggi di dalam lemari, rak gantung di pintu lemari, ke ruang penyimpanan lain, seperti lemari ruang atau ruang penyimpanan di bawah tempat tidur.

Di mana pun Anda menyimpan sepatu, ingatlah membersihkannya dengan benar terlebih dahulu agar tidak menimbulkan jamur atau lumut.  

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Apak dari Lemari Pakaian

Gandakan ruang gantung 

Ilustrasi lemari pakaian di ruang gantiShutterstock/New Africa Ilustrasi lemari pakaian di ruang ganti
Apa yang Anda lakukan saat lemari pakaian penuh? Tidak ada yang bisa mengubah lemari Asecepat dan sedramatis menggandakan ruang gantung.

Lebih banyak ruang untuk menggantung lebih efisien daripada ruang untuk rak, terutama jika memiliki terlalu banyak pakaian dan ruang lemari tidak cukup.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com