Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2023, 19:30 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari pakaian merupakan salah satu ruangvpenyimpanan yang perlu diperhatikan kerapiaannya.

Lemari pakaian yang rapi dan tetap terorganisasi memudahkan menemukan pakaian atau kain yang dikenakan serta mencegah membeli pakaian yang tidak dibutuhkan. 

Baca juga: 5 Ide Menata Lemari Pakaian untuk Memperluas Ruang Penyimpanan

Namun, lemari pakaian sering kali cepat berantakan dan tampak sulit dirapikan. Untungnya, dengan langkah tepat, Anda dapat membuat lemari pakaian tetap rapi serta teratur.

Dikutip dari Martha Stewart, Sabtu (2/9/2023), berikut sejumlah langkah menata lemari pakaian.

Keluarkan semua barang

Ilustrasi lemari pakaian.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi lemari pakaian.
Ashley Murphy, organizing expert dan co-founder NEAT Method, mengatakan hal pertama yang harus dilakukan saat menata lemari pakaian adalah mengeluarkan semua barang. 

Hal ini membantu Anda mendapatkan visual jelas dan memperhitungkan semua yang dimiliki sehingga lebih mudah memeriksa barang-barang. 

Baca juga: Antiribet, Ini 4 Cara Mudah Merapikan Lemari Pakaian

Buat tumpukan untuk dibuang, disimpan, dan disumbangkan

Buat tiga tumpukan barang-barang, yakni untuk disimpan, disumbangkan, dan dibuang. Murphy menyarankan menyingkirkan barang-barang yang tidak pernah dipakai dalam setahun terakhir, rusak, atau tidak lagi muat.

"Kami selalu menyarankan menjual atau menyumbangkannya sebelum membuang sesuatu," katanya.

Sortir berdasarkan kategori

Setelah mengetahui jelas pakaian dan aksesori yang dimiliki, Murphy menyarankan menyortirnya ke dalam kategori untuk memberi gambaran lebih baik ke mana semua barang akan disimpan ketika kembali menyimpannya ke dalam lemari.

Buatlah kategori untuk barang-barang sentimental yang sudah tidak dipakai lagi. Anda dapat menempatkannya di tempat penyimpanan tembus pandang yang disimpan di rak.

Hal ini memungkinkan melihat barang-barang tersebut ketka membuka lemari, tetapi tetap membuat lemari tetap menjadi ruang fungsional berisi barang-barang yang dikenakan.

Baca juga: 7 Benda yang Harus Disingkirkan dari Lemari Pakaian, Bikin Berantakan

Hitung dan ukur

Ilustrasi lemari pakaian dinding di kamar tidur.Unsplash/backbone_visuals Ilustrasi lemari pakaian dinding di kamar tidur.
Sekarang saatnya melakukan inventarisasi. Lisa Adams, professional organizer, menyarankan menghitung dan mengukur barang-barang yang akan disimpan, termasuk jumlah setiap barang di setiap kategori, tinggi sepatu, topi, dan sebagainya.

Ukur pula ruang gantung, laci, dan rak. Anda juga bisa mengukur tinggi batang-batang gantung. Jika hal ini terasa berat, setidaknya ukurlah lebar, tinggi, dan kedalaman rak serta laci lemari.

Atur lemari

Setelah memiliki inventaris dan pengukuran, Anda bisa menaikkan atau menurunkan ketinggian gantungan dan rak sepatu jika dapat disesuaikan.

"Kita sering lupa bahwa bisa memindahkan rak dan gantungan di lemari pakaian," ujar Adams.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com