Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Memaksimalkan Ruang Lemari Pakaian, Bebas Berantakan

Untungnya, merapikan dan membereskan lemari pakaian mudah dilakukan. Saat memulai proyek memaksimalkan ruang lemari, evaluasi semua yang perlu Anda simpan. 

Keluarkan semuanya, singkirkan barang-barang yang tidak lagi diperlukan, dan sortir barang-barang yang Anda sukai atau masih digunakan.

Sebelum membeli solusi penyimpanan, pastikan solusi tersebut sesuai dengan lemari pakaian dan kebutuhan unik Anda.

Ukurlah dengan cermat sebelum membeli produk pengorganisasian lemari. Nah, dilansir dari The Spruce, Sabtu (6/1/2024), berikut cara memaksimalkan ruang lemari pakaian.  

Tinjau kembali berapa banyak celana, rok, dan kemeja yang harus Anda gantung. Berapa banyak kemeja, sweater, dan celana jeans yang harus dilipat dan ditumpuk, serta jumlah aksesori yang harus disimpan di dekat Anda. Kemudian, ukurlah lemari Anda dan catatlah. 

Pengatur lemari menambah ruang dengan memanfaatkan setiap inci secara kreatif, jadi pastikan memeriksa bilik atau tas gantung dengan rak dan laci built-in, laci yang dapat ditumpuk, atau gerobak kecil yang dapat digulung.

Lihatlah apakah dapat menggunakan kembali barang-barang yang mungkin sudah Anda miliki yang dapat digunakan di ruangan, seperti rak buku kecil, biro kecil, rak sepatu, tempat sampah, atau kotak dekoratif yang dapat ditumpuk. 

Gunakan lantai lemari pakaian 

Selanjutnya, cara memaksimalkan ruang lemari pakaian adalah menggunakan ruang lantai. Masuk akal mengambil sepatu yang tidak terlalu sering Anda pakai dan menyimpannya di dalam lemari pakaian,

Manfaatkan ruang lantai untuk kombinasi penyimpanan di luar musim, aksesoris, dan sepatu. Pilihan penyimpanan sepatu terbaik untuk lantai adalah cubby yang rendah ke tanah. Pastikan menggunakan yang pas sehingga dapat meregangkan setiap inci ruang lantai.

Anda juga bisa memindahkan sepatu yang sudah tidak terpakai atau jarang dipakai ke tempat lebih tinggi di dalam lemari, rak gantung di pintu lemari, ke ruang penyimpanan lain, seperti lemari ruang atau ruang penyimpanan di bawah tempat tidur.

Di mana pun Anda menyimpan sepatu, ingatlah membersihkannya dengan benar terlebih dahulu agar tidak menimbulkan jamur atau lumut.  

Lebih banyak ruang untuk menggantung lebih efisien daripada ruang untuk rak, terutama jika memiliki terlalu banyak pakaian dan ruang lemari tidak cukup.

Jadi, jika harus memilih di antara keduanya, pilih untuk menambah ruang untuk menggantung, kemudian beri kode warna pada lemari pakaian untuk menambah kesan rapi. I

Hal ini mungkin berarti Anda harus menggantung barang-barang yang biasanya dilipat dan ditumpuk. 

Buat lemari menjadi vertikal

Cara memaksimalkan ruang lemari pakaian lainnya adalah membuat lemari menjadi vertikal. Maksimalkan ruang pada rak di atas batang Anda.

Simpan barang-barang musiman setinggi mungkin di dinding dan sedekat mungkin dengan plafon dan akses area tersebut dengan tangga yang baik serta kokoh.

Sebaiknya, meletakkan barang-barang di keranjang penyimpan yang dapat ditumpuk sehingga dapat mengingat apa yang Anda simpan di tempat tinggi.

Gunakan tempat sampah yang lebih kecil dan ringan dengan tutup sehingga dapat mengambilnya dengan mudah sekaligus mencegah debu tidak masuk.  

Gunakan gantungan baju yang tepat 

Terakhir, cara memaksimalkan ruang lemari pakaian adalah menggunakan gantungan baju yang tepat. Gantungan baju bisa digunakan untuk semua jenis barang selain pakaian, seperti sepatu bot, selimut, tas, syal, dan dasi.

Gunakan gantungan baju untuk mengelompokkan jenis pakaian yang serupa. Sebagai contoh, Anda hanya perlu menarik satu gantungan untuk melihat semua syal.

Untuk gantungan terbaik untuk di lemari kecil, belilah gantungan yang tidak terlalu besar dan lebih tipis satu inci dari gantungan kayu tradisional.

Setiap ruang yang dihemat oleh gantungan yang lebih tipis akan dengan cepat menambah ruang lemari yang lebih besar dari yang Anda kira.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/01/06/192051176/5-cara-memaksimalkan-ruang-lemari-pakaian-bebas-berantakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke