Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Tempat Tidur Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Kompas.com - 30/12/2023, 16:06 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat tidur merupakan perlengkapan rumah yang penting untuk dimiliki. Sesuai dengan namanya, tempat tidur berfungsi untuk alas tidur agar istirahat lebih nyaman dan berkualitas.

Tempat tidur ada banyak jenisnya, sehingga bisa disesuaikan dengan kenyamanan. Selain itu, desain dan ukuran tempat tidur juga bisa disesuaikan dengan konsep interior kamar tidur.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Sabtu (30/12/2023), berikut ini jenis tempat tidur yang bisa dipilih.

Baca juga: 7 Cara Menata Tempat Tidur di Bawah Jendela agar Tampak Menarik

Tempat tidur berkanopi

Ilustrasi kamar tidur berkanopiPEXELS/KEEGAN CHECKS Ilustrasi kamar tidur berkanopi

Tempat tidur berkanopi merupakan salah satu jenis tempat tidur yang tak lekang oleh zaman. Tempat tidur ini bisa memberikan kesan dramatis di dalam ruangan.

Tempat tidur berkanopi memiliki empat tiang di setiap sudut untuk menopang bingkai dan seringkali diselimuti dengan kain. Tempat tidur ini ideal untuk menggantung kelambu untuk mencegah serangga di malam hari.

Kanopi yang tebal berfungsi sebagai tirai anti tembus pandang yang dapat meningkatkan kualitas. Tempat tidur model ini bisa menciptakan ruang pribadi di dalam kamar tidur.

Baca juga: 8 Cara Menciptakan Tempat Tidur Nyaman Seperti di Hotel Bintang 5

Tempat tidur susun

Jenis tempat tidur lainnya yang banyak ditemukan yaitu tempat tidur susun. Tempat tidur ini memiliki satu rangka tempat tidur kokoh dengan dua tempat tidur, satu ditumpuk di atas, sedangkan yang satu ada di bawah.

Tempat tidur susun memiliki empat tiang di setiap sudut yang membuat tempat tidur ini semakin kokoh. Tempat tidur susun juga dilengkapi dengan tangga, sehingga mudah untuk naik ke tempat tidur paling atas.

Keuntungan tempat tidur ini yaitu bisa menghemat ruang, sehingga cocok ditempatkan di kamar kecil. Biasanya, tempat tidur ini digunakan untuk kamar anak.

Kekurangan tempat tidur susun yaitu tangga penghubung antar tempat tidur berisiko menimbulkan bahaya. Terutama jika digunakan anak-anak yang masih terlalu kecil.

Maka dari itu, penting untuk membuat pagar pembatas yang aman dan jarak antar pijakan tangga yang ideal agar memudahkan langkah. Jangan lupa untuk meletakkan keset agar tidak mudah terpeleset.

Baca juga: Tempat Tidur Tingkat Besi Vs Kayu, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Kasur futon

Futon adalah jenis tempat tidur lipat yang bisa dilipat menjadi tempat tidur atau sofa. Futon bersifat multifungsi yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Futon dinilai lebih murah dan cocok untuk kamar yang tidak terlalu luas. Namun, futon mungkin tidak senyaman tempat tidur lain saat digunakan untuk tidur dalam waktu lama.

Murphy

Murphy adalah tempat tidur dinding atau tempat tidur yang bisa disembunyikan di dinding, kemudian ditarik ke bawah saat akan digunakan. Tempat tidur murphy ideal untuk kamar kecil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com