Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Mendekorasi Dinding di Atas Tempat Tidur

Kompas.com - 05/12/2023, 07:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinding di atas tempat tidur sering kali terbaikan, padahal ini bisa menjadi kanvas untuk meningkatkan skema kamar tidur serta menciptakan titik fokus yang kuat dan menarik perhatian. 

Namun, menggunakan dinding di atas tempat tidur untuk membuat pajangan bisa sangat efektif, terutama di ruang yang memiliki sedikit ketertarikan arsitektural. 

Baca juga: 5 Warna Tempat Tidur yang Cocok Dipadukan dengan Furnitur Kayu

Ada banyak pilihan ide mendekorasi dinding di atas tempat tidur yang menarik serta dapat disesuaikan dengan setiap selera, seperti menambahkan rak untuk memajang tanaman dan menggantungkan karya seni.

Connor Prestwood, desainer interior di merek dekorasi rumah, Dowsing & Reynolds, mengatakan ide mendekorasi dinding di atas tempat tidur adalah cara tradisional untuk membawa titik fokus ke kamar tidur, entah itu warna dinding yang mencolok, wallpaper, atau sebuah karya seni. 

Nah, dikutip dari Homes and Gardens, Selasa (5/11/2023), berikut ide mendekorasi dinding di atas tempat tidur. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Tempat Tidur Terasa Lebih Nyaman

Ciptakan daya tarik arsitektural 

Ilustrasi tempat tidur, posisi tempat tidur.UNSPLASH/COLLOV HOME DESIGN Ilustrasi tempat tidur, posisi tempat tidur.
Jika plafon kamar tidur sangat tinggi, ruangan mungkin terasa sedikit dingin dan terlihat tinggi. Salah satu cara mengatasinya adalah menggunakan dekorasi di atas tempat tidur untuk menurunkan plafon secara visual.

Hal tersebut dapat dicapai dengan sangat baik menggunakan ide panel dinding.

Pemimpin Redaksi Homes & Gardens, Lucy Searle, mengatakan untuk memperhatikan ketinggian kepala tempat tidur dalam kaitannya dengan panel dinding di kamar tidur. 

"Ada tumpang tindih yang terarah dan rapi yang menghubungkan tempat tidur, di bagian bawah ruangan, dengan dinding di atasnya. 

Baca juga: 5 Cara Mencerahkan Kamar Tidur yang Gelap, Bikin Lebih Nyaman

Hiasi dengan tanaman

Selanjutnya, ide mendekorasi dinding di atas tempat tidur adalah menggunakan tanaman sehingga bisa mengalir dari rak di atas tempat tidur. 

Tanaman kamar tidur terbaik cenderung adalah tanaman yang dapat membersihkan udara dan terlihat bagus. Memilih tanaman yang hanya membutuhkan sedikit air akan membantu menjaga tanaman tetap rendah perawatan.

Ciptakan fokus dengan kain 

Ada karpet yang dapat menciptakan ide dinding aksen kamar tidur yang paling menarik. "Jenis dekorasi dinding ini menjadi semakin populer di kalangan desainer interior," kata Lucy. 

Warna-warnanya sering kali lebih hidup daripada wallpaper. Ada tekstur pada dinding kain yang membuat Anda ingin mengelusnya dan menciptakan estetika yang sangat nyaman. 

Baca juga: 3 Barang Ini Tidak Boleh Disimpan di Kolong Tempat Tidur, Kenapa?

Cat di atas tempat tidur

Ilustrasi tempat tidur nyamanFREEPIK/FREEPIK Ilustrasi tempat tidur nyaman
Ide mendekorasi dinding di atas tempat tidur lainnya adalah membuat dinding aksen dengan cat. Ide cat kamar tidur tidak harus selalu tentang warna.

Anda bisa menggunakan trik cat untuk menciptakan lapisan serta membuat ruang tampak sempurna. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com