Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Meletakkan Cermin Menghadap ke Tempat Tidur?

Kompas.com - 08/12/2023, 21:07 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan cermin di kamar tidur adalah hal yang diperdebatkan dalam feng shui. Beberapa ahli feng shui memperbolehnya, sementara yang lain melarangnya.

Namun, apakah harus memiliki cermin di kamar tidur atau tidak tergantung pada ahli feng shui yang Anda tanyakan. 

Baca juga: 6 Kesalahan Menata Kamar Mandi yang Dapat Mendatangkan Feng Shui Buruk

Tergantung pada aliran feng shui yang Anda ikuti, ada beberapa panduan berbeda mengenai cermin kamar tidur dalam feng shui.

Beberapa aliran feng shui tidak menyarankan meletakkan cermin menghadap ke tempat tidur, sementara yang lain merekomendasikannya untuk meningkatkan posisi komando atau memerintah pada tempat tidur.

Posisi komando 

Ilustrasi cermin menghadap tempat tidur. Penataan ini dianggap tidak baik menurut feng shui.SHUTTERSTOCK/PROCREATORS Ilustrasi cermin menghadap tempat tidur. Penataan ini dianggap tidak baik menurut feng shui.
Dalam beberapa aliran feng shui lainnya, seperti BTB Feng Shui, disarankan meletakkan cermin menghadap ke tempat tidur dalam situasi tertentu.

Salah satu contoh cermin sangat membantu di kamar tidur adalah ketika Anda perlu mengoreksi tempat tidur yang tidak berada dalam posisi komando.

Posisi komando adalah Anda dapat melihat pintu kamar tidur sambil berbaring di tempat tidur tanpa harus sejajar dengan pintu.

Hal ini memungkinkan Anda memiliki pandangan terluas ke seluruh ruangan dan kesadaran penuh akan apa pun atau siapa pun yang mungkin mendekat. Hal ini membuat Anda memegang kendali atas hidup. 

Baca juga: 3 Area Terlarang Meletakkan Cermin di Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Menurut feng shui, tempat tidur mewakili diri Anda, jadi ini adalah salah satu perabot paling penting untuk dimiliki dalam posisi komando.

Ditambah, tempat tidur menjadi tempat menghabiskan banyak waktu untuk bersantai dan tidur di kamar sehingga feng shui tempat tidur benar-benar mempengaruhi Anda.

Terkadang, tidak mungkin menempatkan tempat tidur dalam posisi komando, seperti kamar tidur berukuran kecil, bentuknya aneh, atau perabotannya hanya muat di kamar dengan cara tertentu.

Jika harus mengatur kamar tidur sehingga tempat tidur berada di luar kendali atau Anda tidak dapat melihat pintu saat berada di tempat tidur, inilah saatnya cermin sangat berguna.

Feng shui BTB menyarankan menempatkan cermin di lokasi yang memungkinkan Anda  melihat pintu kamar dari tempat tidur. Artinya, Anda akan memiliki cermin menghadap ke tempat tidur.

Selama penempatan cermin ini tidak mengganggu atau membuat Anda terjaga pada malam hari, artinya sama sekali tidak ada yang salah dengan hal tersebut. 

Baca juga: 7 Kesalahan Menggunakan Cermin di Ruangan yang Harus Dihindari

Cara memperbaiki cermin yang menghadap tempat tidur 

Ilustrasi cermin dekoratif di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi cermin dekoratif di kamar tidur.
Terlepas dari aliran feng shui, jika cermin di kamar tidur membuat Anda merasa tidak nyaman atau khawatir, penting memperhatikannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com