Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Desain Kamar Tidur ala Jepang yang Nyaman dan Estetik

Kompas.com - 25/12/2023, 16:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Jepang terkenal memiliki desain kamar tidur yang sederhana, namun fungsional. Desain kamar tidur ala Jepang juga bisa memberikan kesan hangat dan nyaman.

Maka dari itu, banyak pemilik rumah yang tertarik dengan desain kamar ala Negeri Sakura. Ciri khas dari interior ala Jepang yaitu menggunakan material dari kayu dan pencahayaan ekstra yang membuat suasana terasa semakin nyaman.

Dikutip dari Home My Design, Senin (25/12/2023), berikut ini ide desain kamar tidur ala Jepang yang nyaman dan estetik.

Baca juga: Desain Ala Jepang Bisa Percantik Ruang Tamu

Hadirkan elemen zen

kamar tidur bergaya JepangShutterstock/CREATIVE WONDER kamar tidur bergaya Jepang

Kamar tidur bergaya Jepang merupakan salah satu desain kamar tidur yang bisa membuat istirahat semakin nyaman.

Banyak material yang terinspirasi dari kehangatan dan warna alami, bahkan ada juga yang memasukkan elemen zen untuk mewakili budaya Jepang dan gaya minimalis.

Kamar tidur ala Jepang didesain dengan rapi dan dilengkapi dengan banyak pintu geser yang langsung menghadap ke halaman kecil, sehingga terhubung dengan alam sekitar.

Halaman kecil bisa membantu menghadirkan alam ke dalam ruangan dan membuat udara serta matahari masuk ke dalam kamar.

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Kamar Tidur agar Merasa Segar Saat Bangun Pagi

Mengutamakan gaya minimalis

Ide desain kamar tidur ala Jepang selanjutnya yaitu mengutamakan gaya minimalis. Hal inilah yang membuat kamar tidur ala Jepang sangat cocok untuk rumah kecil.

Saat ini, para desainer dan pemilik rumah banyak yang memadukan desain ala Jepang dengan desain lain seperti modern, Skandinavia, dan vintage.

Meski demikian, kesan sederhana dan minimalis tetap harus ditonjolkan dan pemilihan furnitur juga menjadi hal yang penting agar kamar tetap fungsional.

Padukan dengan desain modern yang elegan

Orang Jepang menyukai kesederhanaan dalam gaya interiornya. Meski demikian, saat ini banyak juga yang mulai memadukannya dengan elemen modern.

Maka dari itu, kamar tidur ala Jepang bisa dipadukan dengan ornamen dekorasi modern yang canggih, tanpa menghilangkan unsur sederhana dan elegan.

Baca juga: Kesalahan Desain Kamar Tidur yang Bikin Tak Tenang Menurut Feng Shui

Letakkan beberapa ornamen dekorasi

Meskipun mengutamakan kesan sederhana, bukan berarti kamar tidur ala Jepang tidak boleh dihias dengan ornamen dekorasi. Desain interior Jepang yang unik juga bisa ditambahkan dengan ornamen dekorasi.

Beberapa ornamen yang bisa diletakkan antara lain; bantal lantai, furnitur minimalis, ornamen dari kayu, hingga tanaman hias dalam ruangan. Selain membuat kamar lebih cantik, ornamen dekorasi ini juga membuat kamar terasa lebih nyaman.

Nah, itulah beberapa ide desain kamar tidur ala Jepang. Penataan yang tepat akan membuat kamar terlihat cantik dan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com