Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bagian Rumah yang Harus Dibersihkan Sebelum Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 24/12/2023, 20:23 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat libur Natal dan tahun baru, biasanya ada banyak aktivitas yang ingin dilakukan. Terkadang aktivitas tersebut membuat kita lupa untuk membersihkan dan merapikan rumah.

Maka dari itu, sebelum berlibur sebaiknya bersihkan dan rapikan beberapa bagian rumah agar merasa tenang saat liburan.

Baca juga: 5 Area yang Kerap Terlewatkan Saat Membersihkan Rumah

Dikutip dari Better Bond Cleaning, Minggu (24/12/2023), berikut ini beberapa bagian rumah yang harus dibersihkan sebelum Natal dan tahun baru.

Oven

Ilustrasi membersihkan oven.Shutterstock/Africa Studio Ilustrasi membersihkan oven.

Saat menyiapkan rumah untuk menyambut Natal, perhatikan oven di dapur. Sebaiknya, bersihkan oven sebelum Natal.

Keluarga rak oven dan rendam dalam air sabun panas agar nodanya terangkat. Lalu, semprotkan bagian dalam oven menggunakan cuka putih dan larutan air sabun.

Biarkan selama beberapa menit dan seka menggunakan kain agar oven kembali bersih. Jika ada noda yang membandel, gunakan pasta soda kue untuk membersihkan noda tersebut.

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Oven dengan Baking Soda, Bebas Bau

Kamar mandi

Selain oven, bagian rumah yang harus dibersihkan sebelum Natal dan tahun baru yaitu kamar mandi. Bersihkan setiap sudut kamar mandi menggunakan produk yang aman.

Beberapa bagian kamar mandi yang perlu dibersihkan antara lain; kepala pancuran, tirai, dinding, pintu kaca, ubin dan nat, kloset, wastafel, dan keset.

Karpet

Karpet rumah juga perlu dibersihkan sebelum Natal dan tahun baru. Sebab, saat Natal biasanya karpet akan lebih sering digunakan untuk kumpul keluarga.

Untuk menjaga kenyamanan, bersihkan karpet dengan cara menyedot debu menggunakan vacuum cleaner.

Baca juga: Cara Membersihkan Karpet Bulu dengan Mudah

Kulkas

Kulkas juga menjadi bagian rumah yang tidak boleh lupa dibersihkan saat Natal dan tahun baru. Pasalnya, saat Natal dan tahun baru biasanya kulkas akan digunakan untuk menyimpan banyak makanan dan minuman.

Maka dari itu, penting untuk rutin mengecek dan membersihkan kulkas. Jika tidak memiliki banyak waktu luang, cukup bersihkan noda yang ada di dalam kulkas. Lalu, pastikan makanan dan minuman tertutup rapat agar tidak memicu aroma tak sedap.

Lemari

Ilustrasi membersihkan lemari dapur.SHUTTERSTOCK/TINATIN Ilustrasi membersihkan lemari dapur.

Jangan lupa untuk membersihkan semua lemari di rumah menjelang Natal dan tahun baru. Dengan membersihkan lemari, maka rumah terlihat rapi dan terorganisir.

Pada lemari dapur, jangan lupa untuk menyeleksi bahan makanan yang disimpan didalamnya. Singkirkan bahan makanan yang sudah rusak maupun kadaluarsa.

Baca juga: Cara Membersihkan Lemari Dapur yang Berjamur

Seprai

Terakhir, bagian rumah yang harus dibersihkan sebelum Natal dan tahun baru yaitu mencuci dan mengganti seprai.

Dengan mengganti seprai, maka kamar tidur menjadi lebih bersih dan nyaman. Pastikan juga untuk mengganti seprai di kamar tamu agar tamu yang bermalam merasa nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com