Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Dekorasi Rumah dengan Warna Burgundy, Cantik dan Mewah

Kompas.com - 19/12/2023, 15:56 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comBurgundy atau merah anggur adalah warna merah tua yang memberikan kesan anggun dan dramatis pada ruangan. Burgundy adalah warna serbaguna yang terbuat dari campuran merah dengan ungu dan cokelat tua.

Warna ini berkisar dari warna tanah hingga warna permata. Warna burgundy akan membuat rumah terlihat mempesona dan membuat rumah terlihat lebih menarik.

Baca juga: 7 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Warna Burgundy

Warna burgundy bisa digunakan sebagai warna dinding utama maupun warna aksen yang mempercantik ruangan. Dikutip dari Home Décor Bliss, Selasa (19/12/2023), berikut ide dekorasi rumah dengan warna burgundy yang cantik dan menarik.

Mengecat dinding berwarna burgundy

Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna merah burgundy.SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna merah burgundy.

Warna burgundy bisa digunakan sebagai cat dinding. Cat bergaya ombre bisa memberikan sentuhan baru pada dinding warna-warni yang menambah kedalaman dan gaya pada ruangan.

Tambahkan cat bernuansa emas yang anggun dan hijau permata yang cantik untuk menambah keseimbangan yang sempurna antara hangat dan sejuk. Trim berwarna cokelat yang hangat juga cocok dipadukan dengan warna burgundy.

Untuk menambah kesan cerah pada ruangan, letakkan karpet berwarna putih dan abu-abu. Dengan demikian, warna pada ruangan terlihat seimbang dan cantik.

Baca juga: 6 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Warna Merah

Mengecat dinding berwarna netral dengan aksen netral

Selain digunakan sebagai warna utama, warna burgundy juga bisa digunakan sebagai warna aksen yang dipadukan dengan warna lain. Warna burgundy cocok dipadukan dengan warna netral yang lebih cerah.

Warna netral digunakan sebagai warna dasar, sedangkan warna burgundy hanya sebagai pelengkap yang mempercantik ruangan. Pada ruangan tersebut juga bisa ditambahkan rangkaian bunga yang membuat ruangan terlihat lebih menarik.

Padukan warna burgundy dengan oranye dan hijau

Ide dekorasi rumah dengan warna burgundy lainnya yaitu memadukan warna merah tua ini dengan warna oranye dan hijau. Perpaduan tiga warna ini terlihat lebih ceria.

Warna burgundy bisa ditampilkan pada dinding. Sedangkan warna oranye ditampilkan pada sofa dan warna hijau ditunjukkan pada tanaman hias yang membuat tampilan ruangan terasa seimbang.

Baca juga: Pilihan Warna yang Cocok Dikombinasikan dengan Cat Dinding Merah

Kombinasikan dengan warna abu-abu dan cokelat

Warna dinding burgundy juga cocok dipadukan dengan sofa berwarna abu-abu. Warna abu-abu akan memberikan kesan berani dan halus.

Selain abu-abu, dinding berwarna burgundy juga bisa dipadukan dengan lantai berwarna cokelat. Tambahkan sedikit semburat warna putih dan emas cerah yang memberikan kesan ceria, berani, dan lembut.

Sofa berwarna merah burgundy

Ilustrasi dekorasi rumah dengan warna burgundyShutterstock/Viktoria Lytvyn Ilustrasi dekorasi rumah dengan warna burgundy

Selain digunakan untuk mewarna dinding, warna burgundy juga bisa digunakan sebagai warna sofa. Tempat duduk berwarna merah anggur sangat cocok dipadukan dengan dinding berwarna abu-abu gelap.

Sofa burgundy akan memberikan kesan dramatis dan mewah. Tambahkan juga tekstur pada ruangan tersebut dengan cara menempatkan karpet di bawah sofa tersebut.

Baca juga: Makna 10 Simbol Feng Shui Populer, Warna Merah hingga Yin dan Yang

Ruang tamu burgundy yang modern dan mewah

Terakhir, ide dekorasi rumah dengan warna burgundy lainnya yaitu mendesain ruang tamu burgundy berkonsep modern dan mewah.

Warna burgundy bisa digunakan pada sofa yang dipadukan dengan ornamen dekorasi berwarna emas metalik untuk memberikan kesan mewah, modern, dan elegan. Tambahkan juga lantai bermotif untuk menambah kesan mewah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com