Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Media Tanam Anggrek Lengkap dengan Kelebihannya

Kompas.com - 18/12/2023, 20:49 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comAnggrek merupakan salah satu bunga yang banyak disukai. Tak hanya itu, bunga anggrek juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Maka dari itu, banyak yang tertarik untuk membudidayakan bunga ini.

Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bunga anggrek yaitu penggunaan media tanam yang tepat.

Baca juga: 5 Media Tanam yang Cocok untuk Tanaman Anggrek

Media tanam tak hanya berfungsi sebagai tempat tumbuh, namun juga bermanfaat untuk menyediakan nutrisi bagi tanaman.

Tanaman anggrek memerlukan media tanam yang kaya nutrisi. Dikutip dari website resmi Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Senin (18/12/2023), berikut beberapa media tanam anggrek yang bisa dipilih.

Sabut kelapa

Ilustrasi sabut kelapa yang bisa digunakan sebagai media tanam anggrekSHUTTERSTOCK/SERAJ MAHMOUD Ilustrasi sabut kelapa yang bisa digunakan sebagai media tanam anggrek

Sabut kelapa merupakan salah satu media tanam bunga anggrek yang paling banyak dijumpai. Banyak pembudidaya anggrek yang memilih sabut kelapa karena daya simpan airnya cukup baik.

Selain itu, sabut kelapa juga mengandung berbagai unsur hara yang dibutuhkan tanaman anggrek. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa sebaiknya sabut kelapa untuk menanam anggrek harus berasal dari kelapa tua.

Baca juga: Manfaat Media Tanam Sabut Kelapa yang Murah dan Bebas Gulma

Sebelum digunakan, sabut kelapa perlu direndam terlebih dahulu dalam air bersih selama satu hari satu malam. Tujuannya untuk melarutkan lignin yang bersifat racun bagi tanaman.

Setelah direndam dalam air bersih, sabut kelapa perlu direndam lagi dalam larutan fungisida selama 20 menit agar tidak menjadi tempat pertumbuhan jamur. Selanjutnya, tiriskan sabut kelapa.

Media tanam ini bisa dipakai pada tanaman anggrek yang diletakkan di area kering dan sejuk untuk mengurangi busuk batang akibat terlalu banyak air yang tersimpan.

Baca juga: Manfaat dan Kegunaan Sabut Kelapa untuk Tanaman

Pecahan genteng

Media tanam anggrek lainnya yang juga mudah didapatkan yaitu pecahan batu. Media tanam ini biasanya ditempatkan di bagian paling bawah pot.

Keunggulan dari media tanam ini yaitu bisa menjadi tempat menempelnya akar, menjaga kelembapan di sekitar akar, dan menampung air.

Selain itu, pecahan genteng juga tidak mudah lapuk dan memiliki sistem aerasi maupun drainase yang baik. Hanya saja, media tanam ini mudah ditumbuhi lumut, sehingga perlu rutin menggantinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com