Kompas.com - 28/09/2021, 18:38 WIB
Ilustrasi sabut kelapa kering, yang memiliki banyak manfaat untuk tanaman. SHUTTERSTOCK/MONTREE SANYOSIlustrasi sabut kelapa kering, yang memiliki banyak manfaat untuk tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya air dan daging buahnya saja yang dapat dikonsumsi, bagian kelapa lainnya juga memiliki banyak manfaat. 

Kelapa memiliki beberapa lapisan sebelum mencapai daging buahnya dan salah satu lapisannya disebut sabut kelapa. Sabut kelapa ini memiliki tekstur seperti serat atau serabut kasar.

Melansir dari Home Guides SFgate, Selasa (28/9/2021) sabut kelapa, yang juga dikenal dengan sekam kelapa, memiliki banyak kegunaan untuk tanaman

Salah satunya, digunakan sebagai media tanam tanaman yang lebih ramah lingkungan karena tidak bisa lagi digunakan. 

Baca juga: Apa Manfaat Sabut Kelapa untuk Tanaman? Ini Penjelasannya

Sabut kelapa sebagai media tanam

Ketika kelapa dikulit, akan meninggalkan sabut kelapa yang biasanya akan dibuang. Namun, sabut kelapa ini dapat digunakan kembali sebagai media tanam tanaman, baik tanaman dalam pot maupun tanaman hidroponik

Menurut Washington State University, sabut kelapa memiliki beberapa manfaat untuk tanaman. Ketika digunakan dalam penanaman hidroponik, sabut kelapa menawarkan kapasitas pertukaran kation yang sangat baik, yang berarti lebih baik dalam mentransfer nutrisi. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Simak, Manfaat Minyak Kelapa untuk Tanaman dan Pengaplikasiannya

Sabut kelapa juga tidak mudah dipadatkan sehingga memungkinkan sistem akar berkembang dengan mudah tanpa menjadi sesak atau tergenang air.

Selain itu, sabut kelapa adalah media tanam yang sangat baik karena ringan dan lapang, dengan kemampuan menahan kelembapan dalam waktu lama.

Sabut kelapa secara alami menjadikan pH tanah seimbang dan netral. Ini mendorong pertumbuhan lignin, yang berarti dapat meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di sekitar sistem akar tanaman. 

Baca juga: Simak, Cara Membuat Bonsai Kelapa

Penggunaan sabut kelapa 

Sabut kelapa adalah media tanam yang dapat digunakan sebagai pengganti bola tanah liat, lumut gambut, atau rockwool.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.