Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Menanam Ketumbar di Pot agar Tumbuh Subur

Kompas.com - 05/12/2023, 21:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comKetumbar adalah tanaman rempah yang populer di kalangan ibu rumah tangga. Ketumbar biasanya digunakan sebagai bumbu masakan yang membuat makanan semakin lezat.

Selain membuat makanan lebih enak, ketumbar juga mengandung bahan aktif yang bermanfaat untuk kesehatan. Tanaman ketumbar ternyata bisa ditanam dengan mudah.

Budidaya ketumbar bahkan bisa dilakukan dalam pot. Dikutip dari situs milik Dinas Pertanian & Pangan Kabupaten Demak, Selasa (5/12/2023), berikut cara menanam ketumbar di pot agar tumbuh subur.

Baca juga: Simak, Ini Cara Menanam Ketumbar di Polybag

Persiapan bibit

Ketumbar bisa diperbanyak menggunakan biji. Pastikan biji ketumbar yang akan ditanam sudah cukup umur dan sehat.

Kemudian, rendam biji ketumbar dalam air hangat selama 2 hingga 12 jam agar biji ketumbar menjadi aktif.

biji dan daun ketumbarAdobeStock/la_vanda biji dan daun ketumbar

Persiapan pot

Sembari menyiapkan biji ketumbar, siapkan juga pot yang akan digunakan sebagai wadah. Sebaiknya tidak menggunakan pot yang ukurannya terlalu kecil karena akan menghambat pertumbuhan tanaman ini.

Selain itu, pastikan juga pot memiliki lubang drainase agar air tidak menggenang. Berikutnya, tambahkan media tanam dari campuran tanah gembur dan pupuk kandang ke dalam pot tersebut.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Kucai di Pot

Cara menanam ketumbar

Sebelum ditanami, lembapkan tanah terlebih dahulu. Kemudian, tanam biji ketumbar yang sudah direndam ke dalam lubang tanam.

Jangan lupa menutup lubang tanam dengan tanah agar pertumbuhannya cepat. Setelah ditanam, letakkan pot berisi biji ketumbar ke tempat yang mendapatkan banyak sinar matahari.

Jika menanam ketumbar di dalam rumah, kamu bisa meletakkan di dekat jendela. Sebab, tanaman ini membutuhkan sinar matahari cukup agar tumbuh dengan baik.

Perawatan ketumbar

Ketumbar menyukai kondisi media tanam yang lemap. Maka dari itu, jangan lupa melakukan penyiraman dengan rutin.

Baca juga: Cara Menanam Kucai di Pekarangan Rumah

Setelah tumbuh, lakukan pemupukan menggunakan pupuk nitrogen yang sudah dilarutkan dalam air. Pemupukan dilakukan seperlunya agar tidak overdosis.

Apabila terdapat serangan organisme pengganggu tanaman, kendalikan dengan cepat dan tepat agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman ketumbar.

Panen

Panen ketumbar dilakukan dengan cara memotong tanaman 2 sampai 3 bagian daun setiap minggu. Pemanenan dengan cara ini berguna untuk memicu pertumbuhan tanaman ketumbar dengan demikian, tanaman ini bisa dipanen lebih dari satu kali.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com