Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2022, 17:33 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beragam manfaat dari ketumbar atau coriander (juga disebut cilantro), dari sebagai bumbu dapur, menurunkan gula darah, hingga menjaga kesehatan jantung.  

Selain itu, ketumbar dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena menawarkan beberapa antioksidan pencegah kerusakan sel akibat radikal bebas serta mampu meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus.

Baca juga: 7 Manfaat Ketumbar, dari Turunkan Gula Darah hingga Menjaga Otak

Ditambah, tanaman herbal ini bisa ditanam di rumah, bahkan menggunakan wadah polybag. Disadur dari Cybex Kementerian Pertanian, Jumat (28/10/2022), berikut cara menanam ketumbar di polybag.

Siapkan bibit

Biji dan daun ketumbar yang kaya akan manfaatShutterstock/boommaval Biji dan daun ketumbar yang kaya akan manfaat

Biasanya, ketumbar diperbanyak melalui bijinya. Bibit ketumbar didapat dari biji yang telah cukup umur dan sehat. Namun, biji ketumbar harus dipersiapkan dulu sebelum mulai ditanam.

Cara mempersiapkan biji ketumbar adalah dengan merendamnya dalam air hangat selama dua sampai 12 jam untuk mengaktifkannya.

Baca juga: Aturan Umum Menanam Tanaman Herbal di Kebun Rumah

Siapkan polybag

Sembari menunggu biji ketumbar aktif, siapkan polybag yang hendak digunakan. Pastikan memiliki lebar 45 sentimeter (cm) dengan kedalaman 20-25 cm.

Polybag harus berukuran cukup besar agar bisa menampung ketumbar hingga tumbuh besar sehingga tidak perlu memindahkannya secara berkala.

Selain itu, penggunaan polybag yang kecil dan sempit tidak dianjurkan lantaran dapat menghambat pertumbuhan tanaman. 

Siapkan media tanam

Selanjutnya, cara menanam ketumbar di polybag adalah menyiapkan media tanam, yakni campuran tanah gembur dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan kedalaman satu sampai dua cm. Pastikan media tanam cepat kering.

Baca juga: Mudah Dilakukan, Begini Cara Menanam Kunyit di Polybag

Semai biji ketumbar

Ilustrasi ketumbarshutterstock Ilustrasi ketumbar

Selanjutnya, mengisi pot dengan media tanam yang telah disiapkan. Lembapkan sedikit, tetapi jangan sampai terlalu basah hingga nantinya merendam biji ketumbar.

Kemudian, semai biji ketumbar dengan kedalaman sekitar 0,6 cm. Jarak tanam dalam barisan ketumbar adalah 15-20 cm dan jarak antara barisan adalah sekitar 30 cm.

Tempatkan di area dengan sinar matahari

Selanjutnya, meletakkan ketumbar di area yang memperoleh banyak sinar matahari agar tanaman herbal tumbuh baik.

Baca juga: 5 Tanaman Herbal Paling Populer di Dunia dan Manfaatnya 

Semprot ketumbar

Untuk perawatan, jaga kelembapan tanah di polybag dengan menyemprotnya. Jangan tuangkan air karena dapat menggeser biji ketumbar.

Penyemprotan ketumbar dilakukan dua hingga tiga minggu. Kegiatan ini hanya dilakukan untuk menjaga media tanam tetap lembap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com