Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Tirai Ruang Tamu yang Cantik dan Menarik

Kompas.com - 26/11/2023, 10:11 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Jendela di ruang tamu perlu dirawat dan ditata dengan apik agar ruangan terlihat cantik dan menarik. Salah satu cara membuat ruang tamu terlihat cantik yaitu dengan memasang tirai.

Selain membuat ruangan lebih cantik, tirai jendela juga bisa menciptakan ilusi ruangan lebih besar, menjaga privasi, dan menyaring sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan.

Desain dan material tirai bisa disesuaikan dengan konsep interior ruangan. Dilansir dari Good Housekeeping, Minggu (26/11/2023), berikut ini ide tirai ruang tamu yang cantik dan menarik.

Baca juga: Ragam Jenis Tirai Modern yang Dapat Meningkatkan Interior Rumah

Tirai tinggi dari plafon sampai lantai

Ilustrasi tirai tinggi di ruang tamuShutterstock/New Africa Ilustrasi tirai tinggi di ruang tamu

Salah satu desain tirai yang bisa kamu pilih yaitu tirai tinggi dari plafon sampai lantai. Tirai tinggi bisa memberikan ilusi ruangan lebih besar.

Kristian Harrison, desainer dari Bungalow 10 Interiors menyarankan untuk menggunakan tirai tinggi berwarna abu-abu tipis dengan warna dasar ungu agar cahaya alami bisa masuk.

Tirai bernuansa pantai

Selain tirai tinggi berwarna netral, kamu juga bisa menggunakan tirai bernuansa pantai untuk mempercantik ruang tamu.

Biasanya, tirai bernuansa pantai memiliki motif geometris berwarna biru dan putih.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Tirai Vertical Blind sebagai Pengganti Gorden

Tirai ini bisa dipadukan dengan bantal sofa berwarna biru dan meja putih yang membuat ruangan terlihat semakin estetik.

Tirai gelap

Ide tirai ruang tamu lainnya yang bisa kamu gunakan yaitu tirai gelap. Sesuai dengan namanya, tirai ini bisa menghalau cahaya berlebih yang masuk ke dalam ruangan.

Tirai ini membuat ruangan terasa lebih nyaman, terlebih saat ruangan tersebut sering digunakan untuk menonton film bersama keluarga. Hanya dengan menutup tirai, kamu bisa merasa suasana bioskop id dalam rumah

Tirai halus berwarna netral

Tak hanya tirai gelap, kamu juga bisa memasang tirai berwarna netral di ruang tamu. Tirai ini akan membuat ruangan terlihat lebih lembut dan cantik.

Kamu bisa menggunakan tirai berwarna krem yang dipasang pada batang hitam ramping untuk menambah daya tarik dalam ruangan.

Baca juga: Manfaat Menggunakan Tirai Blackout di Rumah

Tirai klasik berwarna hitam putih

Ilustrasi tirai atau gorden di dalam ruangan, gorden warna krem.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi tirai atau gorden di dalam ruangan, gorden warna krem.

Tirai bergaya klasik dengan warna hitam putih juga menjadi salah satu ide tirai ruang tamu yang membuat ruangan terlihat lebih cantik.

Kerrye Kelly desainer interior menyarankan penggunaan tirai bermotif dengan warna hitam putih agar berfungsi ganda sebagai karya seni.

Tirai ini cocok dipasang di belakang sofa beludru berwarna biru yang membuat ruangan terlihat lebih elegan.

Tirai bergaris

Jika kamu memasang wallpaper bermotif bunga, maka kamu bisa menggunakan jenis tirai bergaris vertikal.

Kamu bisa memilih tirai yang warnanya senada dengan wallpaper. Perpaduan motif tersebut membuat ruangan terlihat elegan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com