Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Memilih Tirai Terbaik untuk Rumah dan Cara Memasangnya

Kompas.com - 15/05/2022, 10:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tirai adalah salah satu hal elemen dekorasi yang penting dimiliki setiap rumah. Tirai tidak hanya melengkapi ruangan dan menambahkan sentuhan akhir bergaya ke rumah, tirai juga berfungsi sebagai privasi tambahan.

Ada banyak jenis tirai yang tersedia di pasaran. Setiap tirai memiliki gaya, ukuran, motif, dan material berbeda. Begitu pun, setiap ruangan membutuhkan jenis tirai yang berbeda. 

Baca juga: 3 Tips Memilih Tirai yang Sesuai untuk Setiap Ruangan 

Untuk memudahkan pilihan dan menghindari kesalahan, berikut tips memilih tirai terbaik untuk rumah dan cara memasangnya dikutip dari Homes to Love, Minggu (15/5/2022). 

Manfaat tirai 

Ilustrasi ruang tamu, ilustrasi tirai.SHUTTERSTOCK / New Africa Ilustrasi ruang tamu, ilustrasi tirai.

Sebelum memilih tirai untuk masing-masing ruangan di rumah, ketahui dulu manfaat tirai. Dengan demikian, bisa memilih tirai yang tepat sesuai dengan kebutuhan ruangan. 

Vera Meharg, Manajer Komunikasi Pemasaran di Luxaflex Window Fashions, mengatakan tirai memberi pemilik rumah kemampuan mengontrol cahaya dan privasi di rumah serta mampu menahan berbagai iklim.

Untuk efisiensi, tirai dapat dipasangkan dan dikendalikan oleh sistem operasi otomatis serta membantu mengurangi tagihan energi karena menyediakan insulasi untuk menjaga panas selama musim dingin dan tetap sejuk pada musim panas.

Baca juga: 4 Tips Memilih Tirai Kamar Mandi yang Awet dan Estetik

Gaya tirai

Gaya Romawi, roller, Venesia, zebra, vertikal, dan honeycomb adalah beberapa pilihan tirai yang paling populer.

"Roller blinds menawarkan tampilan sangat modern, yang memiliki lapisan tipis atau penyaring cahaya dengan lapisan penghalang kedua," kata Matthew Walsh, Direktur Pelaksana Tuiss Blinds Online.

Tirai zebra sangat bagus untuk privasi karena roller kontinu ini menampilkan garis-garis kain buram dan tipis bergantian yang dapat disejajarkan sesuka Anda.

Tirai honeycomb adalah cara tepat jika Anda mencari efisiensi energi maksimum. Panel meluncur bisa sangat baik, cocok untuk pintu yang lebih besar.

Sedangkan tirai Romawi cocok untuk memberi perasaan hangat dan tampilan kontemporer. 

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Tirai Kamar Tidur 

Tirai untuk smart home 

Ilustrasi gorden di ruang tamu. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi gorden di ruang tamu.
Saat ini, otomatisasi rumah dan integrasi fungsionalitas ke dalam sistem pihak ketiga seperti Google Home dan Amazon Alexa dengan cepat menjadi norma dalam kehidupan kita sehari-hari. Ini juga berlaku untuk tirai.

"Tirai dapat diprogram sebelumnya untuk beroperasi sendiri sepanjang hari guna menciptakan 'pemandangan' yang sejalan dengan pergerakan matahari seperti menaikkan agar cahaya masuk saat fajar atau menutup saat Anda sedang bekerja," ucap Vera. 

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tirai, Apa Saja? 

Tirai untuk setiap ruangan 

Matthew merekomendasikan memilih tirai yang bersifat PVC untuk dapur, tirai penghalang untu ruang kerja, dan tirai yang mudah dirawat seperti roller blind sangat cocok untuk properti sewaan.

Untuk pintu geser atau bifold besar, yang terbaik adalah melihat kerai panel karena menutupi area yang luas dan cukup gunakan kontrol tongkat untuk menggeser tirai ke kiri atau ke kanan. 

Baca juga: Rekomendasi Warna Tirai untuk Dinding Berwarna Krem

Cara tepat memasang tirai 

Matthew mengatakan cara pemasangan tirai ke jendela ditentukan oleh situasi dan arsitektur ruangan.

"Di ruang tamu umum, saya akan memasang tirai di dalam ceruk jendela, sedangkan di kamar tidur itu harus pas dengan architrave, bahkan melewati jendela di kedua sisi, atas dan bawah,  untuk memastikan mengontrol cahaya sebaik mungkin." 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com