Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2023, 11:19 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenyamanan dan ketenangan menjadi faktor penting yang diinginkan banyak pemilik rumah.

Pasalnya, rumah menjadi tempat beristirahat dan melepas penat setelah seharian beraktivitas. Maka itu, sudah seharusnya menciptakan kondisi rumah yang nyaman dan menenangkan. 

Baca juga: 5 Ide Pencahayaan untuk Rumah Minimalis

Rumah yang nyaman juga dapat membantu penghuni lebih fokus dan produktif melakukan pekerjaan. Cara mudah membuat rumah nyaman adalah menjaganya tetap rapi serta tertata. 

Dikutip dari Homes and Gardens, Kamis (16/11/2023), berikut lima cara membuat rumah tetap rapi dan nyaman

Gunakan tempat penyimpanan dengan bahan alami

Ilustrasi ruang penyimpanan di bawah tangga.Shutterstock/GaevoyB Ilustrasi ruang penyimpanan di bawah tangga.
Tempat penyimpanan yang terbuat dari bahan alami, seperti kayu, logam, kaca, atau batu, dapat memberikan tampilan ruangan yang nyaman serta tenang di rumah.

Bahan-bahan ini tahan lama dan dapat meningkatkan nilai estetika pada ruangan. Saat memilih tempat penyimpanan yang terbuat dari bahan alami, pertimbangkan gaya interior di rumah dan serasikan dengan furnitur lainnya. 

Baca juga: 6 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Semut dari Rumah

Terapkan gaya hidup minimalis

Selanjutnya, cara membuat rumah tetap rapi dan nyaman adalah menerapkan gaya hidup minimalis. Minimalis adalah gaya hidup yang berfokus pada kepemilikan barang-barang yang penting dan bermanfaat sehingga hanya memiliki barang sedikit. 

Dengan demikian, menciptakan tampilan rumah yang bersih, rapi, dan nyaman. Salah satu cara menerapkan gaya minimalis di rumah adalah menyingkirkan barang-barang yang tidak lagi digunakan dengan menyimpannya di tempat penyimpanan  atau mendonasikannya.

Gunakan warna netral

Warna netral, seperti cream, abu-abu, dan putih pada furnitur penyimpanan, dapat menciptakan tampilan ruangan yang tenang. 

Warna-warna ini dapat menciptakan ruang lebih besar dan lapang serta membantu lemari penyimpanan menyatu dengan furnitur dan aksesori lainnya. 

Baca juga: Gampang, Ini 4 Cara Mengatasi Kebocoran Pipa di Rumah

Menerapkan keseragaman

Ilustrasi ruang keluarga.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga.
Cara membuat rumah tetap rapi dan nyaman adalah menerapkan keseragaman sehinga menciptakan ruang penyimpanan ruang tamu yang seimbang serta meningkatkan tampilan dan fungsi ruangan. 

Keselarasan juga bisa menciptakan tampilan bersih, rapi, serta menyatu dengan furnitur dan aksesori lainnya.

Penyimpanan tersembunyi

Terakhir, cara membuat rumah rapi dan nyaman adalah memiliki ruang penyimpanan tersembunyi. Cara ini dapat menjaga barang-barang tetap rapi tanpa mengorbankan tampilan ruangan.

Ruang penyimpanan tersembunyi, seperti rak built-in atau furnitur dengan kompartemen tersembunyi, dapat membantu menciptakan tampilan yang tetap terorganisir, mudah diakses, dan tterlihat lebih luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com