Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Barang yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kamar Mandi

Kompas.com - 16/11/2023, 08:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kamar mandi kecil memberikan sejumlah tantangan, salah satunya ruang penyimpanan. 

Pasalnya, di kamar mandi kecil, ruang penyimpanan sangat terbatas. Akibatnya, kesulitan menyimpan sejumlah barang dan membuat kamar mandi rentan berantakan.  

Baca juga: 6 Cara Menciptakan Kamar Mandi yang Nyaman dan Fungsional

Padalah, ternyata, tidak semua barang harus disimpan di kamar mandi. Menyimpan barang-barang yang tidak seharusnya hanya akan membuat kamar mandi berantakan, penuh, bahkan kesulitan melakukan pergerakan. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Kamis (16/11/2023), beberapa ahli organisator profesional membagikan sejumlah barang yang sebaiknya tidak disimpan di kamar mandi.

Perhiasan

Ilustrasi perhiasan silver.Shutterstock/TorriPhoto Ilustrasi perhiasan silver.
Mungkin terlihat masuk akal menyimpan semua pernak-pernik dan perhiasaan di kamar mandi agar memudahkan mengaksesnya saat bersiap-siap beraktivitas.

Namun, Megan Tevlin, organisator profesional dari The Organizing Blonde, menyarankan tidak melakukan hal ini. "Perhiasan tidak boleh disimpan di kamar mandi karena kelembapan dari kamar mandi dapat menyebabkan noda dan perubahan warna," katanya.  

Baca juga: 6 Kesalahan yang Dapat Membuat Kamar Mandi Bau 

Perlengkapan mandi ekstra

Selanjutnya, barang yang sebaiknya tidak disimpan di kamar mandi adalah perlengkapan mandi ekstra. 

Kait Hilton, organisator profesional dari Life in HARMONie, mengatakan tisu toilet ekstra, sampo, dan tisu rias tidak perlu disimpan di kamar mandi.

"Harus ada satu area khusus untuk menyimpan perlengkapan mandi sehingga semua orang di rumah bisa mengambilnya saat dibutuhkan," ucapnya.  

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Kamar Mandi Bertema Pantai

Peralatan besar

Ilustrasi penggunaan air purifier di rumah.SHUTTERSTOCK/DMYTRO MELNYK Ilustrasi penggunaan air purifier di rumah.
Hilton mengatakan saat menata kamar mandi, dia sering menemukan peralatan seperti pelembap udara, pemanas, dan pembersih karpet.

Padahal, itu menjadi barang yang sebaiknya tidak disimpan di kamar mandi. Hilton menyarankan menyimpan barang-barang tersebut di tempat lain, seperti lemari linen, agar tidak menghabiskan terlalu banyak ruang di kamar mandi yang memiliki penyimpanan terbatas.  

Baca juga: 6 Kesalahan Menata Kamar Mandi yang Dapat Mendatangkan Feng Shui Buruk

Riasan

Jika menggunakan cermin kamar mandi untuk bersiap-siap menghadapi hari, sepertinya praktis enyimpan perlengkapan rias wajah atau makeup di dekat.

Namun, Xiomara Romero dari Lilly's Organizing, mengatakan untuk memikirkan kembali hal tersebut. "Jika memungkinkan, riasan harus diletakkan di tempat sejuk dan kering," imbuhnya.

Sebagian besar kamar mandi bisa menjadi panas dan lembap, terutama setelah mandi. Hal ini dapat merusak riasan. 

Sebagai solusi, menyiapkan meja rias atau tempat bersiap-siap kecil di kamar tidur. Romero menyarankan menyimpan riasan wajah sejauh mungkin dari kamar mandi dan menempatkannya dalam wadah kedap udara untuk mencegah kelembapan merusak produk. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com