Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kesalahan Mendesain Kamar Mandi yang Harus Dihindari

Kompas.com - 19/10/2023, 13:37 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendesain kamar mandi yang sempurna, praktis, dan fungsional dapat menjadi tantangan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, dari desain, dekorasi, estetikan, hingga fungsionalitas. 

Jika tidak berhati-hati, dapat melakukan kesalahan yang membuat kamar mandi menjadi tidak nyaman, praktis, dan fungsinya berkurang. 

Baca juga: Mudah, Cara Membersihkan Noda Kuning di Wastafel Kamar Mandi

Karena itu, penting merencanakan dengan cermat sebelum memulai proyek merenovasi kamar mandi.

Dikutip dari Living Etc, Kamis (19/10/2023), berikut beberapa kesalahan mendesain kamar mandi yang harus dihindari sebelum memulai renovasi.

Tidak mempertimbangkan kegunaan

Ilustrasi kamar mandi kecil bernuansa mewah dengan bathtub.UNSPLASH/SCREEN POST Ilustrasi kamar mandi kecil bernuansa mewah dengan bathtub.
Memastikan kamar mandi berfungsi baik dan nyaman merupakan hal penting diperhatikan. Ketika ingin mendesain kamar mandi, penting  memikirkan bagaimana Anda menggunakannya.

Pertimbangkan jumlah orang yang akan menggunakan kamar mandi serta kebutuhan dan preferensi mereka.

Setelah itu, pertimbangkan ukuran dan tata letak kamar mandi dengan membuat sketsa tata letak. Hal ini akan membantu Anda membayangkan bagaimana furnitur serta perlengkapan akan masuk ke kamar mandi.

Jika tidak yakin bagaimana memulainya, pertimbangkan meminta bantuan desainer interior untuk membantu membuat rencana yang sesuai dengan gaya dan anggaran.  

Baca juga: 7 Cara Menciptakan Kamar Mandi yang Tenang Layaknya Tempat Spa

Tidak menyediakan ruang penyimpanan yang cukup

Selanjutnya, kesalahan mendesain kamar mandi yang harus dihindari adalah tidak menyediakan ruang penyimpanan yang cukup.

Kamar mandi juga menjadi menyimpan banyak barang, dari perlengkapan mandi, perawatan tubuh, hingga produk pembersih. 

Kesalahan desain kamar mandi yang paling umum adalah tidak menyediakan ruangan penyimpanan yang cukup. Hal ini dapat menyebabkan kekacauan dan membuat kamar mandi terasa sempit.

Karena itu, penting memastikan kamar mandi memiliki cukup ruang penyimpanan. Anda dapat menggunakan furnitur penyimpanan built-in serta memasang rak pada dinding atau menggunakan lemari penyimpanan yang tinggi. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Wastafel Kamar Mandi dan Menjaganya Tetap Kinclong

Ketergantungan berlebihan pada tren

Ilustrasi kamar mandi.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi kamar mandi.
Menciptakan lingkungan di kamar mandi sesuai dengan hal yang disukai dan berpatok pada tren merupakan hal yang sah dilakukan.

Namun, penting diingat, tren desain interior dapat berubah dengan cepat sehingga tidak perlu terlalu bergantung pada tren saat mendesain kamar mandi.

Jika terlalu bergantung pada tren, dapat membuat kamar mandi terlihat ketinggalan zaman dalam beberapa tahun ke depan dan membuat Anda merasa ingin terus merenovasinya sesuai tren yang sedang ramai. 

Fokuslah pada kualitas daripada tren yang ada, pilih perlengkapan dan furnitur berkualitas tinggi yang dapat bertahan selama bertahun-tahun.  

Baca juga: 9 Cara Menerapkan Feng Shui di Kamar Mandi

Tidak berinvestasi dengan bijak

Terakhir, kesalahan mendesain kamar mandi yang harus dihindari adalah tidak berinvestasi dengan bijak. Mendesain kamar mandi dapat menjadi salah satu investasi besar di rumah, baik dari segi waktu maupun uang.

Karena itu, penting berinvestasi dengan bijak dan memilih perlengkapan dan furnitur yang berkualitas tinggi. Jika tidak, hal ini dapat menyebabkan Anda perlu melakukan perbaikan atau penggantian lebih awal dari yang waktu seharusnya karena tidak bertahan lama.

Perlengkapan dan furnitur berkualitas tinggi akan bertahan lebih lama sehingga tidak perlu melakukan investasi lagi untuk melakukan renovasi atau menggantinya cukup lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com