Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tata Letak Kamar Mandi yang Dianggap Buruk Dalam Feng Shui

Kompas.com - 02/10/2023, 07:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang percaya segala sesuatu di rumah harus berada di tempat tepat dan arah benar untuk mendapatkan energi positif serta menciptakan keharmonisan antara rumah dan alam. 

Berbagai budaya di seluruh dunia memiliki kepercayaan berbeda tentang tempat tepat untuk ruangan dan elemen di dalam rumah. Salah satu budaya tersebut adalah feng shui, yang juga dikenal sebagai Geomansi Cina.

Baca juga: 6 Tips Membersihkan Kamar Mandi dengan Mudah

 Menurut ilmu Tiongkok kuno yang mempelajari cara menata barang-barang di rumah ini, Anda harus mendesain kamar, dapur, kamar mandi, taman, dan segala sesuatu yang ada di rumah  secara akurat untuk menciptakan keharmonisan di rumah.

Namun, terkadang orang tidak mengetahui prinsip-prinsip ini saat mendesain rumah mereka dan perlu memperbaruinya setelah itu.

Kamar mandi yang tidak didesain dengan benar dapat menciptakan ketidakharmonisan dan ketidakseimbangan energi di dalam rumah.

Nah, dilansir dari Sadecor.co, Senin (2/9/2023), berikut lima tata letak kamar mandi yang dianggap buruk dalam feng shui. 

Baca juga: Makna Ikan Koi dalam Feng Shui, Bisa Bawa Hoki di Rumah

Kamar mandi menghadap ke pintu masuk

Ilustrasi kamar mandi kecil bernuansa mewah dengan bathtub.UNSPLASH/SCREEN POST Ilustrasi kamar mandi kecil bernuansa mewah dengan bathtub.
Dalam feng shui, kamar mandi yang menghadap ke pintu depan rumah dianggap buruk. Sebagian besar energi universal masuk ke rumah melalui pintu depan.

Jika memiliki kamar mandi yang menghadap ke pintu masuk, sebagian besar energi akan keluar melalui toilet dan tidak akan memberi energi pada rumah.

Dalam kasus seperti ini, cara terbaik adalah menjaga pintu kamar mandi tetap tertutup sepanjang waktu. Selain itu, buatlah titik fokus di dekat pintu masuk, yang membantu mengarahkan energi menjauh dari kamar mandi.

Selain itu, pasanglah elemen feng shui di area masuk untuk meningkatkan energi yang masuk ke dalam rumah, seperti tanaman.  

Baca juga: 5 Desain Kamar Mandi yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Kamar mandi di tengah rumah 

Selanjutnya, tata letak kamar mandi yang dianggap buruk dalam feng shui adalah berada di tengah rumah.

Menurut feng shui, pusat rumah adalah jantung ruangan. Hal ini juga disebut titik Yin-Yang. Bagian tengah rumah harus selalu terbuka dan terang serta memiliki rasa keindahan.

Jika memiliki tkamar mandi berada di tengah rumah, Anda dapat meningkatkan energinya dengan menjaganya selalu bersih.

Selain itu, tambahkan lilin, bunga, dan menempatkan tanaman pemurni udara di kamar mandi. Jika kamar mandi memiliki jendela, sesuaikan dengan cahaya yang cukup. Apabila tidak, pasanglah sakelar peredup untuk mengontrol cahaya.

Kamar mandi di area uang

Ilustrasi kamar mandi.Unsplash/backbone_visuals Ilustrasi kamar mandi.
Dalam feng shui, sudut tenggara dianggap sebagai area uang dalam sebuah rumah. Jika  memiliki kamar mandi di area ini, ini bisa menjadi tantangan yang harus diperbaiki segera.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com