Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Desain Kamar Mandi yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Kompas.com - 19/09/2023, 15:05 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat membuat desain kamar mandi. Mulai dari saluran pembuangan sampai sirkulasi udara tidak boleh ada kesalahan.

Sebab, desain yang salah bisa membuat kamar mandi kurang nyaman saat digunakan. Selain memperhatikan nilai estetikanya, desain kamar mandi juga harus memiliki nilai fungsional.

Dilansir dari Real Simple, Selasa (19/9/2023), berikut ini beberapa desain kamar mandi yang harus dihindari karena sulit dibersihkan dan sulit diatur.

Baca juga: 5 Ide Desain Kamar Mandi Minimalis yang Nyaman Seperti Spa

Menggunakan ubin berukuran kecil

Desain kamar mandi yang sebaiknya dihindari yaitu penggunaan ubin berukuran kecil. Sebab, ubin berukuran kecil bisa membuat kamar mandi lebih sering kotor.

Ilustrasi ubin kamar mandiSHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ubin kamar mandi

Jenis ubin yang sebaiknya tidak digunakan yaitu ubin penny dan ubin mosaik porselen karena sulit dibersihkan. Pasalnya, ubin ini memiliki garis nat yang kecil.

Di garis ini biasanya terdapat kumpulan kotoran dan debu. Jessica Nelson, Desain Interior dan pemilih perusahaan desain mengatakan bahwa semakin sedikit jumlah garis natnya, maka semakin baik.

Penggunaan batu alam

Batu alam merupakan salah satu material yang memberikan kesan mewah, anggun, dan cantik. Namun, batu alam sebaiknya tidak dipasang di kamar mandi.

Baca juga: Ide Desain Kamar Mandi Mewah yang Mudah Dibersihkan dan Tahan Lama

Sebab, batu alam mudah kotor dan membuat Anda harus rutin membersihkan ruangan tersebut. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan material dari porselen yang mudah dibersihkan namun tetap terlihat rapi dan cantik.

Jangan gunakan pintu kaca

Desain kamar mandi yang harus dihindari selanjutnya yaitu penggunaan pintu kaca. Sebenarnya, pintu kaca bisa membuat kamar mandi terlihat lebih mewah.

Namun, pintu kaca relatif lebih sulit dibersihkan. Akibatnya, pada pintu tersebut bisa ditumbuhi kotoran dan jamur.

Pemasangan rak terbuka

Pemasangan rak tanpa pintu sebaiknya tidak dilakukan dalam kamar mandi. Meskipun berfungsi sebagai tempat penyimpanan, namun rak terbuka bisa membuat kamar mandi terlihat lebih berantakan.

Baca juga: 7 Tren Desain Kamar Mandi yang Disukai Desainer Interior pada 2023

Jika ingin menempatkan rak di kamar mandi, sebaiknya gunakan rak yang tertutup agar barang-barang yang disimpan tidak terlihat dari luar.

Selain membuat tampilan lebih rapi, rak dengan pintu juga bisa menjaga kebersihan barang-barang yang disimpan, seperti handuk atau alat-alat mandi.

Desain konsep terbuka

Desain kamar mandi yang terbuka juga sebaiknya tidak digunakan untuk kamar mandi. Meskipun kamar mandi dengan konsep ini terlihat ramping, namun ternyata memiliki kekurangan.

Desain kamar mandi terbuka dinilai terlalu polos dan membuat tidak ada tempat penyimpanan, sehingga nilai fungsionalnya kurang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com