Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Warna Cat Ini Harus Dihindari di Kamar Mandi Kecil, Makin Sempit

Kompas.com - 20/10/2023, 13:45 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat memiliki dampak besar pada tampilan dan nuansa sebuah ruangan, termasuk kamar mandi.

Warna cat juga memainkan peran penting dalam menciptakan ilusi ruangan. Di kamar mandi kecil, menggunakan warna cat yang tepat dapat membuat ruangan terasa lebih luas dan besar. 

Baca juga: Ide Warna Cat untuk Lemari yang Cantik dan Menarik

Sebaliknya, warna cat yang tidak tepat, dapat membuat kamar tidur kecil terasa lebih sempit, gelap, dan sesak. Maka itu, perlu menghindari warna cat yang membuat kamar mandi semakin kecil. 

Dikutip dari Real Homes, Jumat (20/10/2023), berikut beberapa warna cat yang harus dihindari di kamar mandi kecil.

Warna gelap

Ilustrasi kamar mandi kecil bernuansa mewah dengan bathtub.PEXELS/VICTORIA RAIN Ilustrasi kamar mandi kecil bernuansa mewah dengan bathtub.

Warna gelap, seperti hitam, coklat, abu-abu gelap, merah ceri gelap, dan biru tua adalah warna cat yang harus dihindari di kamar mandi kecil.

Hal ini karena warna gelap dapat menyerap cahaya, bukan memancarkannya, sehingga dapat membuat kamar mandi kecil terasa lebih sempit dan tertutup.

Selain itu, warna gelap dapat membuat kamar mandi kecil terlihat lebih kotor dan kusam. Sebaiknya, pilihlah warna terang dan cerah, seperti putih, cream, atau biru muda yang dapat memantulkan cahaya serta membuat kamar mandi terlihat lebihlapang. 

Baca juga: 4 Warna Cat yang Membuat Kamar Tidur Terasa Lebih Sejuk

Warna kroma tinggi

Selanjutnya, warna cat yang harus dihindari di kamar mandi kecil adalah warna kroma tinggi. Ini adalah warna yang memiliki saturasi tinggi, yang sangat intens dan mencolok. Warna-warna ini juga sering dikaitkan dengan energi, kegembiraan, dan gairah.

Warna cat kroma tinggi dapat digunakan untuk membuat kamar mandi kecil tampak menarik dan penuh gaya. Namun, warna cat ini juga dapat membuat ruangan terasa lebih kecil dan sempit.

Selain itu, warna kroma tinggi dapat menyerap cahaya dan membuat kamar mandi kecil terlihat lebih gelap, bukannya tambah terang jika tidak digunakan dengan tepat.

Jika ingin menggunakan warna dengan kroma tinggi untuk kamar mandi kecil yang panjang, sebaiknya gunakan warna cat tersebut pada satu dinding atau area tertentu saja.

Anda juga dapat menggunakan warna-warna dengan kroma rendah untuk mengimbangi warna dengan kroma tinggi. 

Baca juga: Berapa Jumlah Warna Cat yang Ideal untuk Ruangan?

Skema warna terlalu bervariasi

Ilustrasi kamar mandi kecil, kamar mandi sempit.SHUTTERSTOCK/SS 360 Ilustrasi kamar mandi kecil, kamar mandi sempit.
Penting menghindari menggunakan warna cat dengan skema warna terlalu bervariasi di kamar mandi kecil karena dapat membuat ruangan terlihat lebih sempit dan tidak nyaman dilihat.

Selain itu, warna cat yang terlalu banyak dan berbeda-beda membuat mata menjadi bingung serta tidak fokus. Jadi, sebaiknya menggunakan skema warna lebih sederhana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com