Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Warna Cat yang Akan Ketinggalan Zaman pada 2024

Kompas.com - 03/10/2023, 12:48 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat rumah adalah salah satu cara mempercantik dan memperbaharui tampilan rumah, terutama saat menyambut tahun baru.

Warna cat dapat memberikan kesan berbeda pada interior maupun eksterior rumah. Warna cat yang tepat dapat membuat rumah terlihat indah, lebih cerah, bahkan modern. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Membuat Bahagia, Apa Saja?

Sebaliknya, jika memilih warna cat yang ketinggalan zaman, rumah akan terlihat kurang menarik dan terkesan usang.

Apabila Anda berencana merenovasi dan mengecat rumah pada tahun depan, berikut enam warna cat yang akan ketinggalan zaman pada 2024 dikutip dari Real Simple, Selasa (3/10/2023). 

Warna-warna cerah dan jenuh

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat biru aqua.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat biru aqua.
Warna-warna cerah dan jenuh adalah tren warna populer pada 2023. Warna-warna ini mewakili vitalitas, kemudaan, dan optimisme, di antaranya kuning, oranye, merah, hijau, dan biru.

Shay Holland, desainer interior dan bintang HGTV, mengatakan untuk mempertimbangkan penggunaan warna cat yang lebih kalem dan tenang pada 2024, seperti cream, hijau muda, serta biru muda. 

Holland menyarankan, jika sangat menyukai warna cerah dan jenuh, lewati pengecatan untuk dinding dan pilih mengecat meja atau kursi. 

Baca juga: 5 Kesalahan Memilih Warna Cat Ruang Keluarga yang Harus Dihindari

Merah

Holland mengatakan merah adalah tren yang sudah lewat dan usang. Salah satu masalah terbesar warna merah adalah warnanya yang sangat mencolok sehingga sulit diseimbangkan.

Jika harus menggunakan merah, pilih kursi, sofa, atau karpet berwarna merah anggur. Selain itu, merah dapat membuat ruangan terasa lebih kecil, terlalu mencolok, dan mengganggu. 

Oranye

Oranye adalah warna cerah, ceria, serta dapat mewakili kebahagiaan. Namun, oranye juga merupakan warna yang sangat mencolok sehingga sulit diseimbangkan.

Holland memprediksi oranye menjadi warna cat yang akan ketinggalan zaman pada 2024. Sama dengan merah, oranye adalah warna yang sulit dikoordinasikan dan terlalu berlebihan untuk rata-rata rumah.

Anda dapat mencampur oranye dengan warna-warna netra jika ingin tetap menggunakannya. Misalnya, cat dinding oranye, lalu tambahkanlah furnitur dan aksesoris berwarna netral. 

Baca juga: 4 Warna Cat yang Dapat Menarik Nyamuk Masuk ke Rumah, Jangan Digunakan 

Pink

Ilustrasi kamar tidur dengan dinding warna merah muda.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kamar tidur dengan dinding warna merah muda.
Pink atau merah muda menggambarkan jiwa yang feminin, kelembutan, mewakili cinta, dan keanggunan.

Kate Dawson, desainer interior asal Amerika Serikat, memprediksi pink tidak akan sepopuler pada 2024 meski masih banyak digunakan. 

Pink akan selalu menjadi pilihan populer untuk kamar tidur anak perempuan dan kamar tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com