Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Cat yang Dapat Membuat Bahagia, Apa Saja?

Kompas.com - 02/10/2023, 09:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat pada dinding dapat menggambar suasana hati atau perasaan seseorang, seperti bahagia dan sedih.

Misalnya, untuk warna bahagia, setiap orang memiliki warna berbeda, tergantung pada pengalaman pribadi dan perasaan yang Anda kaitkan dengan warna serta kombinasi warna yang berbeda. 

Baca juga: 5 Kesalahan Memilih Warna Cat Ruang Keluarga yang Harus Dihindari

Menurut Carl Jung, pendiri psikologi analitik, warna adalah bahasa ibu dari alam bawah sadar. Hubungan antara warna dan suasana hati telah ditetapkan secara universal, tetapi jangan terlalu menyederhanakannya. Warna bukan "pil ajaib" untuk memperbaiki suasana hati yang buruk. 

Meski tidak memiliki dampak langsung pada emosi dan perilaku kita, warna dapat berdampak secara tidak langsung.

Psikolog dan konsultan kesehatan, Lee Chambers, mengatakan ada beberapa jenis warna yang dapat memberi perasaan bahagia 

"Beberapa warna memberikan ledakan kegembiraan yang menghangatkan dan warna lainnya memberikan perasaan bahagia yang lebih sejuk, puas, dan mengalir," ucapnya.  

Nah, dikutip dari Ideal Home, Senin (2/10/2023), berikut sejumlah warna cat yang dapat memberi perasaan bahagia. 

Baca juga: 3 Warna yang Dapat Menyebabkan Kecemasan, Jangan Digunakan di Rumah  

Kuning

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat dinding kuning.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat dinding kuning.
Penelitian Feeling Blue or Seeing Red? menunjukkan warna kuning diasosiasikan dengan kegembiraan (61 persen dari peserta), yang kemungkinan besar disebabkan hubungannya dengan sinar matahari.

Kuning tidak diasosiasikan dengan emosi negatif, seperti yang diperkirakan beberapa ekspresi warna. Selain itu, peserta juga mengasosiasikan warna kuning dengan hiburan (44 persen).

Ruth Mottershead, Direktur Kreatif di perusahaan cat Little Greene mengatakan, meski reaksi terhadap warna sangat personal, ada beberapa respon universal, seperti kuning, yang menambah kesan positif dan ledakan sukacita pada sebuah ruangan, yang membuat kita merasa bersemangat dan berenergi.

Kuning sangat cocok untuk ruangan dengan tingkat aktivitas, kebisingan, tawa, dan kegembiraan tinggi. Untuk tampilan semarak, padukan kuning yang kaya dengan hijau berani. 

Jika tidak ingin menggunakan kuning yang mencolok, pertimbangkan warna emas yang lebih kalem yang akan membawa kehangatan dan energi, tetapi terasa lebih lembut serta tradisional. 

Baca juga: 4 Warna Cat yang Dapat Menarik Nyamuk Masuk ke Rumah, Jangan Digunakan

Oranye hangat

Oranye juga menjadi warna cat yang dapat membuat bahagia (48 persen) dan hiburan (41 persen). 

Karen Haller, pakar psikologi warna dan desain serta penulis buku laris The Little Book of Colour, merupakan penyuka warna oranye dan melihat rona ini sebagai warna paling menyenangkan dalam spektrum warna.

Dalam hal psikologi warna, ada satu warna yang memiliki sifat psikologis positif yang berhubungan dengan kegembiraan, yaitu oranye.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com