Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2023, 15:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Aire Serv


JAKARTA, KOMPAS.comAir conditioner atau AC adalah alat elektronik yang berfungsi untuk menyejukkan udara di dalam ruangan.

Agar bisa berfungsi dengan baik, pemasangan AC harus dilakukan dengan benar. Meski demikian, tak menutup kemungkinan terdapat kesalahan saat pemasangan AC.

Dilansir dari Aire Serv, Selasa (14/11/2023), berikut ini beberapa kesalahan saat memasang AC yang sebaiknya dihindari.

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang AC Menurut Feng Shui

Memilih unit AC yang salah

Salah satu kesalahan ketika memasang AC yaitu ukuran unit yang salah. Kondisi ini bisa menyebabkan masalah efisiensi energi yang besar dan membuat AC mengalami siklus singkat.

Pemasangan ACShutterstock/Poguz.P Pemasangan AC

Maka dari itu, sebelum memasang AC, sebaiknya pastikan terlebih dahulu ukuran AC sesuai dengan ukuran rumah.

Jika tidak bisa menentukan ukuran AC, kamu bisa menghubungi perusahaan AC setempat untuk membantu menentukan ukuran AC yang tepat.

Posisi termostat salah

Kamu mungkin tidak menyadarinya, namun termostat harus ditempatkan secara strategis. Jika ditempatkan pada posisi yang salah, maka suhunya menjadi tidak konsisten dan fungsinya tidak berjalan dengan benar.

Maka dari itu, penting untuk memastikan posisi termostat dengan benar. Kamu perlu memastikan termostat terhindar dari sinar matahari langsung.

Baca juga: Ingin Memasang AC di Dapur? Perhatikan 5 Hal Ini Dulu

Sebab, sinar matahari bisa memicu suhu tidak akurat dan menyebabkan AC menghasilkan suhu yang salah. Kamu juga perlu menjauhkan termostat dari jendela dan pintu.

Hembusan angin dapat mengelabui AC dan membuat AC membaca suhunya lebih dingin atau lebih hangat dari sebenarnya. Hal ini membuat suhu yang dihasilkan AC tidak akurat.

Secara umum, tempat terbaik untuk meletakkan termostat yaitu di lorong atau koridor karena area ini cukup terpencil.

Posisi unit AC salah

Kesalahan saat memasang AC lainnya yaitu pemasangan posisi unit yang salah. Kesalahan ini bisa menyebabkan masalah pada efisiensi energi dan fungsionalitas AC tersebut.

Tempat terbaik untuk meletakkan AC yaitu di area yang teduh dan jarang terkena sinar matahari langsung. Kamu juga perlu menyiapkan ruang kosong di sekitar unik AC agar alat elektronik ini tidak cepat rusak.

Baca juga: Catat, Ini Area Memasang AC di Kamar Tidur yang Harus Dihindari

Isolasi saluran refrigerannya tidak benar

Untuk bekerja dengan baik, AC akan menggunakan gas cair yang disebut refrigeran. Gas cair ini akan mengalir dari kondensor ke unit interior AC lewat saluran yang disebut saluran refrigeran.

Saluran ini perlu diisolasi. Kesalahan saat mengisolasi saluran ini bisa menimbulkan masalah efisiensi energi dan memberikan tekanan yang tidak semestinya pada AC.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com