Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2023, 13:39 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comNomor rumah merupakan salah satu perlengkapan rumah yang diletakkan di luar ruangan. Biasanya, nomor rumah ditempelkan di area pintu depan atau gerbang rumah.

Nomor rumah berfungsi sebagai petanda sekaligus kelengkapan alamat. Maka dari itu, nomor rumah harus diletakkan di tempat yang terlihat.

Selain menjadi penanda alamat, nomor rumah juga bisa dekorasi luar ruangan yang dapat mempercantik rumah.

Baca juga: Simak, Nomor Rumah yang Bawa Hoki dan Kesialan Menurut Feng Shui

Maka dari itu, material, bentuk, hingga cara penempatan nomor rumah perlu diperhatikan dengan seksama. Dilansir dari Better Homes & Gardens, Selasa (14/11/2023), berikut ini cara memasang nomor rumah dengan mudah.

Alat dan bahan yang perlu disiapkan

Ilustrasi nomor rumah. SHUTTERSTOCK/CHRISTINA HEMSLEY Ilustrasi nomor rumah.

  • Pita pengukur
  • Pensil
  • Tangga
  • Alat bor
  • Nomor rumah
  • Sekrup jangkar
  • Pistol dempul
  • Perekat
  • Dempul tahan air

Ukur dan tandai area yang akan dipasang nomor rumah

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu gunakan pita ukur untuk menentukan ketinggian dan posisi yang tepat untuk memasang nomor rumah.

Biasanya, beberapa nomor rumah dilengkapi dengan tempat pemasangan yang bisa digunakan untuk menandai lubang sekrup atau lokasi pemasangan.

Baca juga: Begini Cara Memperbaiki Bel Pintu yang Rusak

Setelah menemukan area yang tepat, gunakan pensil untuk menandai area tersebut. Jika nomor rumah dipasang dengan sekrup, tandai lubang sekrup di nomor rumah.

Namun, jika nomor rumah dipasang menggunakan perekat, maka kamu harus membuat tanda di samping nomor terbut bukan di lubangnya.

Buat lubang sekrup menggunakan alat bor

Apabila nomor rumah menempel menggunakan sekrup, maka kamu perlu mengebor dinding untuk membuat lubang sekrup.

Biasanya, nomor rumah dilengkapi dengan lubang dan templat yang sudah dibor sebelumnya untuk membantu mengatur jarak dan perataan.

Gunakan mata bor yang ukurannya setengah diameter sekrup yang telah disediakan. Sejajarkan mata bor dengan tanda yang sudah kamu buat sebelumnya lalu buat lubang menggunakan alat bor.

Baca juga: 3 Manfaat Memasang Shower Uap di Rumah

Jika memasang nomor rumah di dinding bata, maka kamu perlu menggunakan mata bor untuk menembus material tersebut. Jika nomor dipasang pada pintu atau dinding kayu, maka gunakan bor kayu untuk membuat lubang sekrup.

Cek keselarasannya

Sebelum memasang nomor rumah, sebaiknya pastikan lokasi yang dipilih sudah rata dan sejajar dengan benar agar nomor rumah terlihat lurus.

Lubang sekrup di nomor rumah harus sejajar dengan lubang pilot. Demikian pula jika kamu memasang nomor rumah berperekat. Penting untuk memastikan lokasi yang ditandai sudah rata dan sejajar dengan benar.

Ilustrasi nomor rumah Ilustrasi nomor rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com